Perempuan Bangsa Siap Bantu Urus Akta Lahir Bayi Terlantar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Perempuan Bangsa Siap Bantu Urus Akta Lahir Bayi Terlantar

Wartawan: M. Didi Rosadi
Sabtu, 22 April 2017 12:57 WIB

Ketua DPW Perempuan Bangsa Jawa Timur, Anik Maslachah bersama Lilik Halim Iskandar serta pengurus Perempuan Bangsa memperingati Hari Kartini dengan kegiatan baksos di Ponpes Yatim Piatu Raudlatul Jannah. foto: Perempuan Bangsa for Bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyaknya kasus orang tua yang menelantarkan bayi membuat banyak pihak prihatin. Umumnya, bayi itu dibuang begitu saja, tapi sebagian dititipkan ke panti asuhan. Beruntung, masih ada lembaga sosial yang peduli terhadap nasib anak terlantar itu. Dengan sukarela anak-anak yang dibuang orangtuanya itu dirawat, dicukupi makan dan dididik dengan baik.

Anik Maslachah, Ketua DPW Ormas Jawa Timur mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Menurutnya, meskipun anak-anak itu tidak diakui oleh orangtua kandungnya tetapi hak-hak mereka secara hukum sebagai warga negara harus dipenuhi. Karena itu, akan membantu mengurus akta kelahiran bagi anak-anak terlantar tersebut.

"Kami akan membantu pengurusan akta kelahiran mereka, karena data asal usul anak yang dibuang masih belum sempurna. Kami juga berharap kepada pemerintah untuk memberikan kebijakan khusus yang bisa mempercepat dan mempermudah proses pengurusannya, mengingat akta lahir merupakan hak yang melekat pada anak dan dibutuhkan untuk kehidupan ke depan seperti sekolah serta pengurusan dokumen negara," tegas Anik, Sabtu (22/4).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Perempuan Bangsa

Berita Terkait

Bangsaonline Video