Antisipasi TKI Ilegal, Disnaker Wacanakan Sistem Aplikasi TKI Online | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Antisipasi TKI Ilegal, Disnaker Wacanakan Sistem Aplikasi TKI Online

Wartawan: Akina Nur Al Ana
Rabu, 26 April 2017 15:59 WIB

Contoh Aplikasi TKI online

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Maraknya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal membuat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Blitar memutar otak untuk melakukan langkah antisipasi. Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Blitar, Djarun mengatakan, berbagai upaya sudah dilakukan untuk membendung TKI asal Kabupaten yang berangkat secara ilegal. Namun dari tahun ke tahun tetap ada TKI yang nekat berangkat melalui jalur yang tidak resmi meski jumlahnya tidak terlalu banyak.

Untul itu, kata Jarun, pihaknya mengusulkan untuk membuat aplikasi TKI online. Di mana aplikasi yang bisa diakses melalui handphone tersebut berisi semua data TKI asal Kabupaten Blitar yang berangkat melalui jalur resmi.

"Nantinya TKI yang berangkat ke luar negeri secara legal akan terdata di aplikasi ini, dan bisa dicek secara online. Sebaliknya TKI yang namanya tidak bisa dicek menggunakan aplikasi ini sudah pasti merupakan TKI ilegal," tutur Jarno saat dikonfirmasi wartawan di kantornya, Rabu (26/04).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video