Santri Madrasatul Quran Tebuireng Juarai MHQ Tingkat Asia Pasifik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Santri Madrasatul Quran Tebuireng Juarai MHQ Tingkat Asia Pasifik

Rabu, 10 Mei 2017 12:24 WIB

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pondok Pesantren Madrasatul Quran (MQ) menjuarai Musabaqah Hifzil Quran wal Hadits Tingkat Asia dan Pasifik. Lomba hafalan Al-Quran dan hadits yang digelar oleh Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su'ud tersebut tahun ini kembali digelar di Jakarta, dan telah memasuki tahun ke delapan.

Kabar tentang kemenangan santri bernama Nur Hasan Fadhil tersebut diungkapkan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Quran KH. Abdul Hadi Yusuf.

"Kami bersyukur karena ini adalah tahun kedua santri MQ berhasil menyabet gelar juara di ajang bergengsi untuk kategori hafalan 20 juz," ujar pria yang akrab dipanggil Gus Didik itu, Rabu (10/5/2017).

Tahun 2016, lanjut Gus Didik, santri MQ bernama Sholahuddin Al-Ayyubi bahkan berhasil meraih Juara 1 kategori 30 juz dalam perlombaan bergengsi tersebut. "Selain mondok di MQ, kebetulan dia memang warga asli Dusun , dan telah mengikuti prosesi wisuda qiraah sab'ah (tujuh macam cara membaca Al-Quran) pada 2015," imbuh alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya ini.

Tahun lalu, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jawa Timur mengirimkan tiga orang peserta kategori 30 juz untuk seleksi di tingkat nasional. "Namun, saat memasuki lomba di tingkat ASEAN dan Pasifik, hanya tinggal Sholahuddin. Alhamdulillah, akhirnya dia berhasil meraih Juara 1," tutur salah satu putra pendiri MQ ini.

Berbeda dengan Sholahuddin, Nur Hasan Fadhil adalah santri angkatan 2009 di Madrasatul Quran dan telah mengikuti wisuda tahfidh pada 2013 lalu. Atas prestasi tersebut, putra dari Rusydi Mizan tersebut langsung mendapatkan undangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini. "Selain itu, dia juga mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 4.000 dolar Amerika," imbuh Gus Didik.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video