Menpora Dorong PPDUGM jadi Pilot Project Ponpes Kreatif

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Iwan Irawan
Jumat, 12 Mei 2017 13:15 WIB

Imam Nahrowi, Menteri Pemuda dan Olahraga, didampingi Gus Mujib, pengasuh PPDUGM, saat meninjau salah satu laboratorium yang diresmikan. foto : IWAN IRAWAN/BANGSAONLINE

MALANG, ANGSAONLINE.com – Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi menghadiri malam nisfu Syakban di Ponpes Darul Ulum Agung Malang (PPDUGM), Kamis (11/5) malam. Menpora meresmikan laboratorium sekolah sekaligus sosialisasi liga santri.

“Saya ingin menjadikan PPDUGM, sebagai pilot project Ponpes yang berkreatifitas syiar agama lewat media olahraga balapan sepeda," ujar Menpora Imam Nahrawi dalam sambutannya.

Menpora juga berhadap Liga Santri yang sudah berjalan dua tahun ini bisa mencetak olahragawan bola dari kalangan santri. Untuk di tahun 2017 ini, sudah ada 1.700 Ponpes yang bakal ikut. Diperkirakan tahun 2018 akan diikuti 2.000 ponpes.

“Harapan kami, PPDUGM turut mewarnai Liga Santri, dengan mengikut sertakan santrinya. Perwakilan dari Malang dan tidak menutup kemungkinan diikuti oleh ponpes lainnya di Malang ini," ujar Menpora.

Menanggapi ajakan Menpora, Pengasuh PPDUGM, Dr. HM. Mujib Musta'in, SH. M.Si menyampaikan, bahwa untuk Liga Santri pihaknya tidak ada persiapan khusus. PPDUGM sudah memiliki kekhasan olahraga yang ditekuni, yakni trek-trekan (motor cross), pencak silat, tari serta sains. Hal itu sudah menjadi ikon PPDUGM karena sudah meraih prestasi hingga tingkat nasional.

“Namun demikian, jika kita dimintai membantu untuk perkembangan liga santri, kami siap membantunya," tutur HM Mujib.

PPDUGM merupakan satu satunya ponpes yang berkreasi dalam berdakwah di Indonesia dalam bidang olahraga. Gus Mujib, sapaan akrab Mujib Musta'in berterima kasih pada Menpora yang mendorong PPDUGM agar terus berkreasi agar dicontoh pondok lain.  (iwa/thu/ns)