Meresahkan, Belasan Gepeng di Sampang Ditangkapi

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: bahri
Selasa, 15 Juli 2014 20:08 WIB

? Gepeng digiring ke Dinas Sosial untuk diberi pembinaan. Foto:bahri/BANGSAONLINE

SAMPANG (bangsaonline) - Belasan gelandangan dan pengemis (Gepeng) ditangkap Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sampang dalamrazia penertiban kamtibmas mendekati lebaran.

Dalam razia ini, petugas mengamankan 14 gepeng yang berkeliaran di tempat umum seperti pasar, perkampungan, dan perkantoran. Mereka yang terjaring razia sebagian besar merupakan wajah lama dan berasal dari Pamekasan dan Sumenep.

Selanjutnya, belasan gepeng diserahkan pada Dinas Sosial setempat untuk didata dan diberi pembinaan. Kemudian dipulangkan ke daerah asal supaya tidak berkeliaran lagi daerah Kabupaten Bahari ini.


"Dalam razia kali ini, kami berhasil menangkap 14 orang gepeng yang berkeliaran di jalan-jalan," terang Kasi Operasional Satpol PP Kabupaten Sampang, Muhammad Sadik, Selasa (15/7).

Ia menjelaskan, gepeng yang terjaring dalam razia adalah wajah lama yang sudah sering ditangkap, namun mereka tetap tidak jera. Petugas Satpol PP mengaku sampai bosan menangkap para gepeng yang berasal dari luar kota Sampang ini. Padahal warga Sampang sendiri tidak ada satupun yang berpropesi sebagai pengemis jalanan ini.

"Kami berharap ada Perda Gepeng yang dapat memebersihakan Gepeng dari luar Kota Khususnya di Kabupaten Sampang.Sampai kapan pun mereka akan tetap ditangkap lagi kalau melakukan kegiatan yang sama. Karena mereka termasuk penyakit masyarakat (pekat) yang meresahkan warga," pungkasnya.