​ Stok Darah di Bangkalan Minim, PMI Sarankan Langsung Ambil ke Surabaya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​ Stok Darah di Bangkalan Minim, PMI Sarankan Langsung Ambil ke Surabaya

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: imam hambali
Selasa, 15 Juli 2014 20:22 WIB


BANGKALAN (bangsaonline) - Memasuki pertengahan bulan Ramadan jelang Idul Fitri, tidak banyak masyarakat mendonorkan darahnya. Akibatnya, stok dan penyediaan darah di Unit Donor Darah (UDD) minim, Selasa (15/7).

Di lokasi, tak hanya minimnya penyediaan darah. tetapi juga jenis golongan darah kosong diantaranya adalah golongan darah A, O, dan B. Hanya terdapat 3 kantong golongan darah AB di ruang cross match, bahkan didata daftar penyumbang selama bulan Ramadan tidak ada.

Kepala Palang Merah Indonesia () Abd Hamid, melalui Ketua Unit Donor Darah Edy Sunarto mengatakan, selama bulan puasa, masyarakat tidak ada yang mendonorkan darahnya. Sehingga, hal itu mengakibatkan terjadinya kurangnya stok darah selama Ramadan. "Hanya terdapat beberapa kantong darah di cross match, sementara yang lain kosong," terangnya.

Ia menjelaskan, selain permintaan kebutuhan pasien yang pesat, juga terjadi minimnya masyarakat yang mendonorkan darahnya. Itulah salah satunya factor minimnya penyediaan, sehingga darah yang masuk dan keluar tidak seimbang. "Alternatif dari kami, langsung membeli dari Surabaya untuk mengisi kekosongan stok sementara ini," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Bangkalan PMI

Berita Terkait

Bangsaonline Video