Dapat Berujung Kematian, Hindari Tidur Setelah Sahur | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dapat Berujung Kematian, Hindari Tidur Setelah Sahur

Kamis, 01 Juni 2017 03:12 WIB

Ilustrasi

Oleh: Marissa Noer Asthana

SAHUR adalah kegiatan rutin yang pasti dilakukan selama menjalankan ibadah puasa . Kegiatan menyantap makanan pada dini hari ini, dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh agar dapat menjalankan puasa dengan lancar.

Sahur merupakan anjuran Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam karena dalam sahur terdapat keberkahan. Jika kita meninggalkannya, maka kita tidak menunaikan sunnah Rasulullah dan tidak ada bedanya dengan ahli kitab. Sesungguhnya yang membedakan puasa kita dengan ahli kitab itu terdapat dalam sahur tersebut. Oleh karena itu alangkah baiknya kita sahur untuk mendapatkan keberkahan.

Adapun juga hadits yang menyebutkan bahwa disunnahkan untuk melaksanakan sahur di akhir waktu. Mengapa demikian? Karena itu untuk menjaga semangat kita dan memperkuat badan kita sebelum puasa selama kurang lebih 14 jam lamanya. Disarankan makan sahur di sepertiga ujung malam.

Waktu sahur yang dianjurkan merupakan tantangan bagi kita karena saat-saat itu masih ada rasa kantuk yang menyelimuti. Oleh karena itu, tak jarang jika setelah sahur kebanyakan orang akan melanjutkan tidurnya. Akan tetapi, dari situ akan muncul efek-efek negatif yang bisa mengarah ke kematian ,di antaranya meningkatnya risiko terjadinya stroke, gangguan saluran pencernaan, sakit kepala, serangan jantung, penimbunan lemak, heartburn dan refluks asam.

Yuk kita simak penjelasan dari berbagai efek negatif tidur setelah sahur berikut ini:

1. Meningkatkan risiko stroke

Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke. Jika seandainya kita masih ingin tidur setelah makan sahur, minimal 2 jam setelah makan. Tak heran jika banyak ulama berpendapat bahwa tidur setelah makan sahur sebaiknya tidak dilakukan.

2. Gangguan saluran pencernaan

Normalnya, pengosongan lambung manusia berlangsung sekitar dua jam setelah makan. Namun posisi berbaring saat kita tidur dapat menghambat proses pengosongan lambung tersebut. Jika hal ini terus menerus terjadi maka gangguan pencernaan seperti diare ataupun sembelit dapat terjadi tergantung bahan makanan apa yang masuk ke dalam perut kita.

3. Sakit kepala

Pernah nggak kamu merasa kepala terasa pusing setelah bangun tidur selepas bangun sahur? Bahkan kepala terasa sakit di bagian atas maupun belakang serta bagian leher terasa kaku dan sakit. Hal ini disebabkan serebrospional bergerak ke otak yang merupakan efek langsung tidur setelah mengonsumsi makanan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video