Kembalikan Fungsi Sungai, DPU SDA Malang Fokuskan Normalisasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kembalikan Fungsi Sungai, DPU SDA Malang Fokuskan Normalisasi

Wartawan: Tuhu Priyono
Selasa, 06 Juni 2017 19:37 WIB

Kegiatan normalisasi Sungai Molek di Kepanjen. Inset, Kepala DPU SDA Kabupaten Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA) Kabupaten Malang terus melakukan normalisasi sungai maupun saluran irigasi. Langkah ini dilakukan karena beberapa sungai mengalami pendangkalan akibat sedimentasi dan tumpukan sampah. Sehingga, jika tidak dilakukan normalisasi akan menghambat kebutuhan pengairan di lahan pertanian.

Kepala Dispunda Kabupaten Malang Mochamad Anwar, kepada sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya saat ini memfokuskan normalisasi sungai dan saluran irigasi. Sebab, normalisasi sungai yang dilakukan ini, selain akan menambah daya tampung air lebih banyak, juga untuk mengendalikan debit air sungai.

“Selain itu, sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir,” terangnya.

Normalisasi sungai, jelas dia, sudah dilakukan di Sungai Molek, Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Sungai tersebut sebelumnya mengalami pendangkalan sehingga dibutuhkan mormalisasi untuk menghadapi cuaca yang ekstrem seperti sekarang ini.

Untuk mengeruk material tanah atau lumpur dalam sungai, pihaknya telah menyiapkan beberapa alat berat atau excavator yang ditempatkan di empat Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) PU SDA.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   dpu sda malang

Berita Terkait

Bangsaonline Video