Luk Culuk, Tradisi Sambut Lailatul Qadar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Luk Culuk, Tradisi Sambut Lailatul Qadar di Burneh Bangkalan

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: imam hambali
Jumat, 18 Juli 2014 19:00 WIB

Anak-anak dari Desa Langkap Kecamatan Burneh saat melakukan tradisi Luk Culuk untuk menyambut malam Lailatul Qadar. Foto: imam hambali/BANGSAONLINE


BANGKALAN (bangsaonline) - Sepuluhmalam terakhir di Bulan Ramadan, sebagaimana diyakini umat Islam,di antaranya, ada malam Lailatul Qadar. Di Desa Langkap Kecamatan Burneh, menjadi tradisi untuk menyambutnya dengan menyalakan obor (lukculuk) sebagai tanda 'perburuan' malam Lailatul Qadar.

Mohammad Amin, warga setempat menuturkan,tradisi luk culuk ini sudah rutin dilakukan tiap tahun, sebagai penanda telah masuk 10 malam terakhir di Bulan Ramadan.

"Tradisi ini sudah rutin tiap malam dua puluh satu dan dua puluh tujuh digelar pemuda dan anak-anak desa Langkap, tujuannya mengingatkan masyarakat untuk menyambut hadirnya malam Lailatul Qadar," terangnya.

Menurut Amin, pada saat ini, tak banyak lagi warga atau anak-anak yang mau melakukan tradisi ini. Namun di Desa Langkap, sekelompok anak yang tentunya didukung orang tuanya masih melakukan secara turun temurun.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   bangkalan budaya

Berita Terkait

Bangsaonline Video