Ibu, Bersabarlah saat Melepas Anak Mondok ke Pesantren | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ibu, Bersabarlah saat Melepas Anak Mondok ke Pesantren

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Rabu, 12 Juli 2017 09:36 WIB

Gerakan Ayo Mondok

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari-hari ini, para orang tua, dan tetangga di kanan kiri rumah kita, ada yang sudah mengantarkan anaknya kembali ke pondok pesantren. Setelah sebelumnya, anak-anaknya menikmati liburan yang cukup panjang.

Bagi ibu-ibu yang baru pertama kalinya mengantarkan anaknya ke jenjang pendidikan di pesantren, mungkin dirasakan berat. Sebab, ibu-ibu tersebut akan ditinggalkan anak-anaknya mondok untuk waktu yang lama. Karena itu, tak heran, ada ibu-ibu yang yak tegas melepas anak-anaknya yang baru masuk pesantren.

Tapi para ibu, ingatlah bahwa dulu ibundanya Imam Syafi'i pun merasakan hal yang sama. Hanya saja yang dilakukan beliau adalah bersabar demi ilmu din yang akan dituntut putranya. Di malam sebelum Imam Syafi'i pergi untuk menuntut ilmu, sang ibu berdo'a dalam keheningan,

“Ya Allah, Rabb yang menguasai seluruh alam. Anakkku ini akan meninggalkanku untuk perjalanan jauh demi mencari ridha-Mu. Aku rela melepasnya untuk menuntut ilmu peninggalan Rasul-Mu. Maka hamba memohon kepadaMu ya Allah... mudahkanlah urusannya. Lindungilah ia, panjangkanlah umurnya agar aku bisa melihatnya nanti ketika ia pulang dengan dada yang penuh dengan ilmu-Mu.”

Beliau khusyu' mendoakan Imam Syafi'i hingga meneteskan air mata.

Dan tatkala Imam Syafi'i hendak pergi ke Madinah (kota yang akan menjadi tujuannya menuntut ilmu), sang Ibu melepasnya dengan motivasi dan harapan, beliau meyakinkan putranya bahwa Allah akan memberinya kemudahan.

“Pergilah anakku,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca,

“Allah bersamamu. Insya Allah engkau akan menjadi bintang paling gemerlap di kemudian hari. Pergilah... ibu telah ridha melepasmu. Ingatlah bahwa Allah adalah sebaik-baik penolong”

Demikianlah sedikit kisah dari Ibunda Imam Syafi'i yang patut kita jadikan teladan saat melepas anak pergi dalam rangka mencari ilmu.

Berbahagialah saat Allah memberi kesempatan kepada anak kita untuk menuntut ilmu din, karena Allah telah menjanjikan kemudahan jalan menuju surga bagi para penuntut ilmu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pesantren

Berita Terkait

Bangsaonline Video