Sinta Nuriyah: Berpuasa Bangun Keluhuran Budi Pekerti | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sinta Nuriyah: Berpuasa Bangun Keluhuran Budi Pekerti

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: muhammad syafii
Senin, 21 Juli 2014 21:45 WIB

Sinta Nuriyah: Berpuasa Bangun Keluhuran Budi Pekerti

JOMBANG (bangsaonline) - Hj Sinta Nuriyah, isteri mendiang KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) bertemu masyarakat lintas agama, etnis dan suku serta kelompok masyarakat lainnya di Kabupaten Jombang. Pertemuan itu dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan berpuasa pada bulan ramadhan pada acara Buka puasa dan Sahur bersama.

Kegiatan bu Sinta, sapaan akrabnya, selama di Jombang diawali dengan menghadiri acara buka bersama di Markas Kodim 0814 Jombang, Minggu (20/7) petang. Selanjutnya, Isteri presiden RI keempat itu mengikuti acara sahur bersama kaum dhuafa di Klenteng Hong San Kiong Gudo, Jombang, Senin (21/7) dinihari.

Dalam kesempatan ini, Sinta Nuriyah menyampaikan pesan-pesan kemanusiaan serta meminta masyarakat tetap menjaga keutuhan bangsa. "Dengan puasa, seharusnya kita mampu menjaga keluhuran budi pekerti kita, sekaligus menjaga keluhuran budi bangsa Indonesia," katanya saat acara buka bersama di Markas Kodim.

Puasa pada Ramadhan, jelas dia, bukan ibadah yang dilakukan karena paksaan. Kewajiban menjalankan ibadah puasa hanya berlaku bagi umat yang meyakininya. "Perintah Allah dalam Al quran jelas, hai orang-orang yang beriman, berpuasalah kamu. Bagi yang tidak beriman ya tidak ada kewajiban," lanjut Sinta Nuriyah.

Dengan begitu, puasa yang dijalankan umat islam pada bulan Ramadhan mengajarkan banyak nilai ketuhanan dan kemanusiaan. "Puasa mengajarkan kita keikhlasan, mengajarkan kita kejujuran, ketulusan dan pengertian kepada sesama," terangnya. "Puasa mengajarkan kita akan nilai dan keluhuran dan budi pekerti," tambah Sinta Nuriyah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   sinta nuriyah

Berita Terkait

Bangsaonline Video