Jelang Pilgub Jatim 2018, Waspadai Buzzer Politik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jelang Pilgub Jatim 2018, Waspadai Buzzer Politik

Wartawan: M Didi Rosadi
Senin, 31 Juli 2017 04:40 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Suhu politik Jawa Timur mulai menghangat dengan pemberitaan kontestasi pilgub di berbagai media massa. Sebagai platform media baru, media sosial menjadi primadona baru dalam kontestasi politik saat ini.

Namun, informasi melalui media ini rentan konflik jika tidak diwaspadai. Apa yang baru saja terjadi dalam perhelatan pilkada Jakarta, bisa jadi akan merembet di Jatim jika penyelenggara pemilu tidak mengantispasi efek negatif penggunaan media sosial yang masif, cepat dan tak terkendali dalam kegiatan pemilu. Pernyataan itu disampaikan Surokim Abdusssalam, Dosen Komunikasi Politik Universitas Trunojoyo Madura.

"Kekhawatiran terbesar saya adalah penggunaan media ini oleh kelompok kelompok profesional baik oleh buzzer politik maupun oleh pasukan sosmed yang bergerak khusus karena diorder untuk itu. Potensi konflik dan gesekan akibat benturan kebencian sara mudah disulut oleh kerja kelompok ini," ungkap Surokim, Minggu (30/7).

Akademisi asli Madura ini menambahkan, komoditas informasi pilkada oleh kelompok ini sungguh patut diwaspadai karena dilakukan dengan sengaja dan profesional. Mereka bisa sengaja untuk membenturkan berbagai konflik dan kebencian guna meningkatkan elektabilitas kandidat. Sementara perangkat aturan terkait penggunaan media sosial dan juga etika media selama ini masih belum cukup mampu mengantisipasi operasi kelompok ini, sehingga perlu solusi dan antisipasi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video