Persiapan Lebaran, BTS Mikro dan Makro Smartfen Ditingkatkan

Editor: moch shopii
Wartawan: nisa
Selasa, 22 Juli 2014 22:22 WIB

Muhammad Cahyadi (kiri) menunjukkan smartphone milik PT Smartfren Telecom Tbk. foto : nisa/bangsaonline

SURABAYA (bangsaonline) - Mengisi ramadan tahun ini, PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) mengadakan kampanye semangat berbagi dengan mengajak masyarakat secara sukarela mengumpulkan buku bacaan bekas, memberikan sumbangan keperluan belajar mengajar, berbuka puasa gratis untuk komunias sekolah dan kampus.

“Kami juga ingin berbagi berkah Ramadan dengan membagikan 100 smartphone andromax gratis bagi memerlukan peranti untuk berkomunikasiselama hari rayananti,” ujar Regional Head Smartfren East Java Bali Nusra, Muhammad Cahyadi kepada wartawan, Selasa (22/7/2014).

Sebagai persiapanjaringan menyambut lebaran, telah dilakukan uji jaringan pada Juni lalu pada 6.000 Base Transceiver Station (BTS) yang ada di Indonesia (1358 BTS di Jatim).Hasilnya, sinyal rata-rata sebesar 70-100 dbm. “Dengan hasil uji ini, kami yakin pada lebarannanti layanan SMS, voice, serta paket data tak akan mengalami gangguan,” tandas Cahyadi.

Masih untuk kesiapan jaringan lebaran, kemampuan BTS maik mikro dan makro di seluruh Indonesua telah ditingkatkan mulai H-7 sampai H-7 lebaran. Kata Cahyadi, berdasarkan pengalaman pada Ramadan dan lebaran tahun lalu, peningkatan trafik baik data, SMS dan voice terjadi pada H-7 sampai H+7 lebaran.

“Trafik kami meningkat tiap tahunnya dengan perincian kenaikan kadang pada siang hari, kadang pada sore hari. Tahun lalu trennya berubah, trafik naik justru signifikan pada malam hari. Namun apapun itu, kami sudah siap menghadapinya untuk musim lebaran,” pungkasnya.