Stok Melimpah, Gresik Kirim Beras ke Jabodetabek | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Stok Melimpah, Gresik Kirim Beras ke Jabodetabek

Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Minggu, 27 Agustus 2017 15:51 WIB

Para kuli saat menaikkan beras untuk dikirim ke Jabodetabek. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian (Disperta) Pemkab Gresik membuat kebijakan untuk mengirim beras ke wilayah lain. Hal ini dikarenakan stok beras hasil produk pertanian di Kota Pudak melimpah. Di antara wilayah yang jadi tujuan adalah, Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi).

Pengiriman tersebut melalui Toko Tani Indonesia (TTI) Center di Jakarta, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dari 4 desa di Kabupaten Gresik.

"Pengiriman perdana sebanyak 20 ton beras dilakukan dari TTI Desa Kedungrukem Kecamatan Benjeng dan TTI Desa Wahas Kecamatan Balongpanggang Minggu (27/8/2017)," ujar Kepala Disperta Gresik Agus Djoko Waluyo didampingi Kabag Humas Suyono, Minggu (27/8/2017).

Menurut ia, jumlah pengiriman masih 50 persen dari alokasi yang ditargetkan. "Mestinya tahun ini kami ditarget 40 ton, namun setelah ada kesepakatan dari Pihak Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, maka pengiriman TTI Kabupaten Gresik ke Jabodetabek hanya 30 ton. Sisanya untuk kebutuhan pasar lokal Gresik dan Jawa Timur," jelasnya.

Dijelaskan Agus, program pengembangan usaha pangan masyarakat atau yang dikenal dengan TTI 2017 dilaksanakan di 4 desa dengan 2 macam komoditi. Untuk komoditi beras dilaksanakan di Desa Kedungrukem Kecamatan Benjeng dan Desa Wahas Kecamatan Balongpanggang.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Ekonomi Gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video