50 Peserta Sanlat Lolos di Kampus Negeri Ternama | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

50 Peserta Sanlat Lolos di Kampus Negeri Ternama

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: suwandi
Jumat, 01 Agustus 2014 13:18 WIB

Peserta Sanlat saat menampilkan paduan suara. Foto:suwandi/BANGSAONLINE


TUBAN (bangsaonline) - Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Tuban berhasil mengantarkan sebanyak 50 peserta pesantren kilat ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama. Dengan melalui Try Out Kilat (Sanlat) SBMPTN 2014, salah satu bagian dari banom NU tersebut telah sukses memasukan kader NU untuk berpendidikan di kampus elit.

Informasi yang diterima, para kader berhasil lolos setelah mengikuti tes yang ada dimasing-masing kampus yang dituju. Jumlah yang lolos tersebut lebih banyak pada tahun ini, jika dibandingkan pada tahun sebelumnya.

“Sebanyak 50 pesrerta lulus ke PTN ternama, jumlah tersebut lebih banyak bila dbandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai 31 peserta,” kata Manajer Sanlat SMBTN PC GP Kabupaten Tuban Jamal Ghofir saat dikonfirmasi dikediamannya, Jumat (1/8).

Menurutnya, sanlat kali ini lebih sukses, karena sebanyak 50 peserta dari jumlah keseluruhan yang ikut sanlat sebanyak 70 peserta dinyatakan lolos. 50 peserta dinyatakan lolos setelah mengikuti tes masuk ke SMBTN di PTN yang dia tuju. “Alhamdulillah, sementara data yang kami terima dari laporan para siswa-siswi yang lolos diperguruan tinggi negeri baru ada 50 Siswa, kemungkinan bisa bertambah, karena semua belum melapor pada kami,” sambung Jamal.

Ditambahkan Jamal, nantinya para siswa-siswi yang diterima diperguruan tinggi negeri tersebut akan selalu dimonitor oleh Tim PC GP Tuban. Karena sebelum mereka mengikuti Sanlat SBMPTN diwajibkan untuk membawa misi Nahdalatul Ulama (NU) dalam mempertahankan ajaran ala Ahlussunal wal jama’ah dikampus masing-masing.

“Selain kita latih, bimbing dampingi secara gratis agar bisa lolos masuk perguruan tinggi negeri. Tidak hanya itu, siswa-siswi ini juga kita bekali ajaran agama ala ahlussunah, biar nanti pada saat dikampus tidak terkontaminasi oleh ajaran-ajaran islam yang menyesatkan serta jauh dari ajaran NU,” Pungkas Jamal yang juga wakil Sekretaris PCNU Tuban ini.

Semenatara itu, Kepala MA Salafiyah Jatirogo, Tuban, KH Mohammad Najib, mendukung dengan program yang digelar oleh GP Tuban. Pasalnya, kegiatan sanlat tersebut bisa membantu kader NU setelah lulus dari SLTA untuk meneruskan kejenjang perguruan tinggi negeri. Sehingga, dengan adanya program itu diharapkan bisa membantu para kader untuk meningkat kualitas dan kecerdasannya.

“Alhamdulillah murid kami itu banyak yang lolos, dengan melalui sanlat mereka bisa kuliah di kampus PTN ternama. Kalau gak ada sanlat , ya mungkin gak bisa kuliah lagi,” ujar pria yang juga sebagai Tanfidiyah MWC NU Jatirogo ini.

Sekadar diketahui, Sanlat SBMPTN ini adalah salah satu program bimbingan yang mengantar anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi setelah lulus SLTA sederajat. Dimana program tersebut dipelopori oleh PC GP Tuban tanpa adanya bantuan dari Pemkab Tuban.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Ansor Pesantren

Berita Terkait

Bangsaonline Video