Kaldu Kokot Al-Ghozali, Nikmati Kuliner Kikil Pakai Sedotan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kaldu Kokot Al-Ghozali, Nikmati Kuliner Kikil Pakai Sedotan

Editor: Choirul
Wartawan: Ozy UTM
Jumat, 22 September 2017 21:35 WIB

Tampilan Kaldu Kokot. Sluuuurp. foto: ozy UTM/ BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Kaldu kokot adalah kuliner asli Sampang. Ingin tahu? Kokot itu artinya kikil atau kaki dari sapi atau kaki kambing. Cara mengolahnya, direbus hingga 6-8 jam untuk diambil kaldu, lalu ditambahkan rempah-rempah untuk menambah cita rasa khas kuliner ini.

Cara menikmati sajian ini pun unik, yaitu pakai sedotan agar bisa menarik sum-sum yang ada di tengah tengah tulang. Menu ini disajikan di piring dalam keadaan utuh, lalu disiram kaldu olahan, dan ditambah kacang hijau. Saat menikmatinya, juga dipadu lontong dan jejanan semacam lento atau singkong goreng, yang biasa disajikan dalam menu tahu campur.

Di gerai Ghozali milik Hasanah yang menyediakan menu ini, setiap hari menyediakan 100 porsi kaldu kokot, dan pasti membutuhkan 30 lutut sapi. Lutut sapi diperoleh dari pedagang langganan yang ada di pasar tradisional.

Hasanah membandrol, untuk porsi biasa dihargai Rp 45 ribu, sedangkan porsi spesial sebesar Ro 60 ribu. Porsi biasa itu, tulang sudah dipecah menjadi lebih kecil. Sebaliknya porsi spesial bentuknya tulang utuh dibiarkan begitu saja.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video