Kampung Salak, Wisata Kuliner Unik di Bangkalan, Tersedia Jajanan Inovatif Berbahan Salak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kampung Salak, Wisata Kuliner Unik di Bangkalan, Tersedia Jajanan Inovatif Berbahan Salak

Editor: Choirul
Wartawan: Tari
Jumat, 22 September 2017 22:21 WIB

Berbagai varian jajanan berbahan salak. foto: Tari UTM/ BANGSAONLINE

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada kampung salak di Kebupaten Bangkalan. Destinasi wisata kuliner ini patut untuk dicoba. Pasalnya, di Kampung Salak di Desa Kramat Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan ini, tedapat berbagai jajanan olahan dengan bahan dasar salak.

Adalah Saniah (52), Ketua Anggota Tani di Dusun Mor Kolak, Desa Kramat, Kabupaten Bangkalan, yang menemukan resep berbagai jenis jajanan yang amat berbeda. Saniah sendiri mendapatkan bimbingan dari Dinas Pertanian pada 2004. Sedangkan pada tahun 2006 Saniah mulai dikukuhkan sebagai Ketua Anggota Tani.

Pada tahun 2006, Saniah memiliki ide, bagaimana untuk memanfaatkan buah salak bertebaran di seluruh kampungnya.

Awal mula, Saniah berinovasi menjadikan salak seakan kurma. Prosesnya mudah, salak yang sudah masak, dikupas dari kulitnya lalu direbus hingga warnanya coklat kemudian dijemur hingga kering. Kurma salak bisa bertahan selama 1 tahun.

Sedangkan salak ukuran kecil, dijadikan seakan kismis. Dan cita rasa pun nyaris seperti kismis.

Bahkan, untuk menjaga pelanggan, setiap tahun, Saniah terus berinovasi seputar olahan buah, biji, kulit dan isi salak.

Bisnis yang berkembang setiap tahunnya berhasil meraih omzet Rp 30 juta per bulan.

Di gerainya, kini didapati produk kurma salak, dodol salak, kismis salak, coklat salak, sirup salak, biji kopi salak, dan keripik salak. “Kini dikembangkan teh dari kulit salak,” kata dia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   wisata bangkalan

Berita Terkait

Bangsaonline Video