Lahan Tanam Menurun, Harga Tembakau di Tuban Melonjak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lahan Tanam Menurun, Harga Tembakau di Tuban Melonjak

Wartawan: Gunawan Wihandono
Rabu, 27 September 2017 21:20 WIB

Seorang petani tengah memanen tembakau.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menanam tembakau memang dapat menjadi pilihan bagi para petani yang lahannya mengalami kekurangan air akibat musim kemarau. Namun, tahun ini minat petani untuk menanam komoditi bahan rokok ini cenderung menurun.

Hal ini sesuai data dari Dinas Pertanian Kabupaten Tuban. Menurut Kasi Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Suharnowo, tahun ini luas tanam mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan dengan tahun lalu. Jika tahun kemarin luas lahan tanam tembakau mencapai sekitar 2 ribu hektar, tahun ini hanya mencapai sekitar 1,4 ribu hektar.

“Penurunan ini diakibatkan tahun lalu banyak petani tembakau yang merugi, sehingga kebanyakan petani enggan kembali menanam tembakau,” jelas Suharnowo kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (27/9).

Dari keseluruhan lahan tanam tersebut tersebar di 8 Kecamatan di Kabupaten Tuban sebagai penghasil tembakau. Di antaranya, Kecamatan Senori, Semanding, Plumpang, Parengan, Grabagan, Kerek, Singgahan dan Soko. Sementara penghasil tembakau tersebut paling banyak di Kecamatan Senori yang kemudian disusul Kecamatan Soko.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video