Panglima TNI Bahas ISIS, Menkumham Desak Tifatul Blokir Video di You Tube | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Panglima TNI Bahas ISIS, Menkumham Desak Tifatul Blokir Video di You Tube

Editor: m mas'ud adnan
Senin, 04 Agustus 2014 12:27 WIB

Foto yang beredar di media sosial ini disebut-sebut sebagai acara baiat Abu Bakar Ba’asyir untuk mendukung ISIS di Lapas Nusakambangan. Dirjen Lembaga Pemasyarakatan sedang melakukan pengecekan dari mana asal-usul foto ini dan akan melakukan sidang tim pengamat Lapas untuk mengevaluasi kenapa ada kamera bisa masuk ke lapas Nusakambangan. (TEMPO)


Jakarta(bangsaonline)Makin banyak yang mempertanyakan sikap Menkominfo Tifatul Sembiring yang terkesan enggan dan lamban memblokir video ajakan WNI untuk berbaiat kepada Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di you tube. Jika sebelumnya KH Hasyim Muzadi mendesak Tifatul agar segera memblokir video tersebut , kini Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin bersikap serupa. Ia berharap Ke memblokir vídeo ajakan WNI untuk berbaiat ke ISIS. Alasannya vídeo yang disebar melalui situs berbagi YouTube sudah mengganggu ketertiban umum.

"Jadi kalau pornografi bisa dilakukan langkah-langkah yang baik seperti yang dilakukan Kominfo yang memblokir kenapa hal-hal yang sifatnya berpotensi mengganggu ketertiban umum ini tidak dilakukan," ujar Amir Syamsuddin usai halalbihalal di kantor Ke, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Senin (4/12/2014).

Amir menyebut vídeo WNI yang mengajak masyarakat mendukung ISIS merupakan tindakan melawan hukum. "Saya kira bisa dikategorikan sebagai mengajak orang untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang melawan hukum di negara lain yang kita akui itu suatu bentuk mengganggu ketertiban umum," tegasnya.

Kemenkum HAM menurut Amir tidak berwenang ikut campur dalam menangani penyebaran kegiatan yang berhubungan dengan kelompok militan. Namun Undang-Undang Nomor 11/2008 tentang Informasi dan Elektronik dapat diterapkan oleh instansi yang berwenang.

"Oleh karena itu saya kira kita kembali saja kepada azas manfaat dari hukum adalah semaksimal mungkin ketertiban umum," ujarnya.

Ke sebelumnya menyatakan tidak bisa menutup vídeo berisi ajakan untuk mendukung ISIS. Alasannya kementerian pimpinan Tifatul Sembiring ini menunggu permintaan resmi dari lembaga terkait untuk memblokir vídeo.Tifatul Sembiring adalah menteri asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang selama ini sangat inten menyaring konten internet dengan cara memblokir. Tapi dalam kasus ISIS mantan aktivis Pelajar Islam Indonesia (PII) ini malah sangat lamban.

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Moeldoko menggelar rapat internal di Markas Besar TNI tentang masuknya paham Negara Islam Irak dan Suriah atau Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) ke Indonesia. "Setelah itu saya akan rapat lagi ke Istana," kata Moeldoko, saat ditemui wartawan di kantornya, Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin, 4 Agustus 2014.

Dalam rapat internal itu, Jenderal Moeldoko memanggil sejumlah pejabat tinggi TNI, salah satunya Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) Mayor Jenderal M. Erwin Syafitri. Moeldoko ingin meminta laporan intelijennya terhadap ISIS. Namun, Moeldoko belum bersedia mengatakan apa hasilnya pada media. "Tunggu dulu, biar saya lapor dulu ke Istana," kata dia.
Adapun Erwin Syafitri mengatakan telah menyiapkan bahan laporan terkait ISIS untuk disampaikan ke Panglima TNI. "Saya lapor ke Panglima TNI dulu," kata dia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: tempo,detik.com,wikipedia

 

sumber : tempo,detik.com,wikipedia

Berita Terkait

Bangsaonline Video