Doyan Ayam, Wirausaha Tanpa Gerai yang Mulai Menggeliat

Editor: Choirul
Wartawan: Ozy
Selasa, 03 Oktober 2017 11:53 WIB

cukup dengan poster kecil, tapi usahanya mulai bembesar. foto: OZY/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ingin beriwirausaha namun kesulitan gerai? Tirulah langkah Tiara Putri. Dia tak mengandalkan gerai untuk berjualan, tapi melayani online.

Produksi rumahan yang baru diluncurkan tanggal 8 Agustus 2017 ini diberi nama “Doyan Ayam”.

Untuk meluncurkan usaha ini, Tiara coba-coba dulu, dan ditawarkan di lingkungan sekitar. Karena produknya diterima, maka dia pun meluncurkan usaha ini, dengan membonceng pada g-ofood, dan memasarkan melalui instagram, fb, wa dan bbm.

Tiara pun menambah berbagai macam varian. Mulai ayam saus pedas original, ayam saus pedas barbekyu, ayam saus koloke, ayam saus mentega dan lain-lain. Rasa yang paling banyak atau sering dipesan konsumen adalah ayam pedas barbekyu, dan ayam saus telur asin.

Untuk harga dibandrol dari Rp 14 - 17 ribu, sehingga pas di kantong mahasiswa. Omzet yang dicapai oleh Tiara dari usaha ini baru Rp 200 ribu sampai 500 ribu per harinya.

Jika ingin memesan “doyan ayam” cukup hubungi owner, dengan format nama, alamat pengiriman dan pesanan. Tiara sebagai pemilik telah kerja sama dengan pihak Go-Food sehingga memudahkan konsumen untuk menikmati kuliner ini.

“Pelanggan bisa menikmati makanan yang bisa dijual di mall dengan harga terjangkau. Apalagi porsinya jelas lebih banyak dari yang dijual di luaran. Karena doyan ayam ini merupakan teman makan berat dan bukan sebagai cemilan,” kata Tiara berpromosi.

Tiara yang bertempat tinggal sekaligus menjadi rumah produksi doyan ayam di kawasan Simo Sidomulyo X ini , memastikan produknya bisa dinikmati semua kalangan terutama kantong pelajar. “Dengan adanya Doyan Ayam ini sih aku mikirnya, pola pikir orang bisa berubah. Di mana orang mengira bahwa ayam barbekyu atau ayam telur asin itu Cuma makanan orang kaya saja. Namun tidak dengan produk saya yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, bahkan konsumen saya ada yang masih SMP,” kata Tiara. (Ozy/UTM)