KAMMI Diduga Selewengkan Dawuh Kiai Hasyim Asy'ari, Ini Tanggapan Keluarga | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

KAMMI Diduga Selewengkan Dawuh Kiai Hasyim Asy'ari, Ini Tanggapan Keluarga

Wartawan: Romza
Selasa, 03 Oktober 2017 13:39 WIB

Poster KAMMI yang mencatut dawuh KH Hasyim Asyari.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Beberapa waktu lalu, muncul poster ajakan mengikuti Daurah Marhalah I dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia () Ulul Albab UIN Maliki Malang. Fatalnya, poster yang disebar oleh akun instagram @kammium tersebut mencantumkan foto Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari beserta satu dawuh beliau sebagai dalil ajakan.

"Pertahankanlah agama Islam, berusaha sekuat tenaga memerangi orang yang menghina al-Quran, menghina sifat Allah dan tunjukkanlah kebenaran kepada para pengikut kebatilan dan penganut akidah sesat. Ketahuilah, usaha keras memerangi (pemikiran-pemikiran) tersebut adalah wajib," begitu dawuh Mbah Hasyim yang dicantumkan dalam poster .

Poster itu diketahui disebar pertama kali pada Selasa (26/09/2017), dan disebutkan bahwa kegiatan daurah kurang 12 hari lagi. Jika dihitung, daurah itu akan digelar pada 8 Oktober 2017.

Sontak, poster yang menjadi viral itu mengguncang dunia maya. Berbagai komentar muncul dan memicu kontroversi. Belakangan, setelah memicu kontroversi, akun instagram @kammiuin mengeluarkan siaran pers terkait poster tersebut. Siaran pers tertanggal 28 September 2017 itu berusaha mengklarifikasi aksi pencatutan gambar dan dawuh Mbah Hasyim.

Terkait hal itu, KH. Agus M. Zaki Hadzik, salah satu cucu Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari, memberikan respons dan peringatan kepada . Pria yang akrab disapa Gus Zaki ini merupakan penerus perjuangan KH. M. Ishomuddin Hadzik (kakaknya) dalam mengurus penerbitan kitab-kitab Hadratussyaikh.

Melalui pesan WhatsApp, Gus Zaki mengimbau agar pihak manapun tidak menggunakan dawuh Mbah Hasyim untuk kepentingan permusuhan, apalagi menggunakan kata perang (kata “perang” ditebalkan dalam pesan tersebut). Pasalnya, hal itu dapat menimbulkan perpecahan bangsa Indonesia.

"Jangan menggunakan dawuhnya Kiai Hasyim untuk mengajak 'perang' yang bisa berakhir dengan perpecahan bangsa Indonesia. Karena beliau juga ikut berjuang membangun bangsa Indonesia," pesan Gus Zaki.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   hasyim-asyari KAMMI

Berita Terkait

Bangsaonline Video