Petrokimia Gresik Pastikan Tak Ada Kelangkaan Pupuk | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Petrokimia Gresik Pastikan Tak Ada Kelangkaan Pupuk

Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Rabu, 08 November 2017 21:51 WIB

Petugas saat mengecek stok pupuk. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Manajer Humas Petrokimia Gresik Muhammad Ihwan F memastikan tidak akan terjadi kelangkaan pupuk menjelang maupun saat musim tanam.

"Jadi bukan kelangkaan tapi kekurangan pupuk," ujar Ihwan kepada wartawan di sela-sela apresiasi karya jurnalistik 2017 di Wisma Kebomas Petrokimia Gresik, Rabu (8/11/2017).

Menurut Ihwan, fakta yang terjadi bahwa kekurangan pupuk saat musim tanam karena kebutuhan pupuk petani dengan tugas yang diberikan pemerintah terhadap perusahaan pupuk lebih banyak yang dibutuhkan.

Sebagai contoh, usulan dari kelompok tani (poktan) atau kebutuhan riil pupuk petani tahun 2017 sebanyak 13,18 juta ton, tapi pagu anggaran yang disahkan oleh DPR RI untuk pupuk subsidi hanya cukup untuk 9,55 juta ton.

Nah, dari pagu sebanyak itu, alokasi yang harus dipenuhi oleh PG sebanyak 4.937.849 ton atau lebih dari 50 persennya.

Sementara untuk distribusi pupuk subsidi yang telah disalurkan PG per tanggal 7 November 2017 lalu sudah menyalurkan 3.908.685 ton. "Jumlah ini di atas syarat minimun pemerintah," jlntrehnya.

Dia juga mengungkapkan munculnya permasalahan yang sering ditemukan di lapangan. Misalnya, masih ditemukan petani yang belum masuk dalam kelompok tani, sehingga mereka tidak mendapatkan pupuk.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   petrokimia gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video