Kesadaran Petani Kabupaten Blitar Ikut Asuransi Tani Masih Rendah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kesadaran Petani Kabupaten Blitar Ikut Asuransi Tani Masih Rendah

Wartawan: Akina Nur Alana
Kamis, 16 November 2017 14:11 WIB

Ilustrasi

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kesadaran petani di Kabupaten Blitar untuk mengikuti program AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi) dipandang masih rendah. Hal ini diungkapkan kepala Dinas Pertanian dan pangan Kabupaten Blitar Eko Priyo Utomo, saat ditemui di kantornya.

Menurut Eko Priyo Utomo, rendahnya minat petani untuk mengikuti AUTP terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya banyak yang belum mengetahui, selain itu para petani belum benar-benar paham dengan AUTP yang diluncurkan sejak 2016 lalu.

Padahal, Eko mengaku Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar melalui petugas tani di lapangan sudah gencar melakukan berbagai langskah sosialisasi.

Eko mengakui pada awal-awal diluncurkannya AUTP, petani Kabupaten Blitar cukup antusias untuk mengikutinya. Bahkan di bulan-bulan pertama pasca diluncurkan sudah ada 10 persen dari total lahan pertanian yang diasuransikan. Namun jumlah tersebut nampaknya tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Meski pihaknya belum mengetahui jumlah data secara riil.

Namun sesuai dengan laporan petugas yang ada di Dinas Pertanian dan Pangan dan laporan dari pihak asuransi disebutkan jika minat dari petani masih sangat rendah dibandingkan luasan lahan pertanian di Kabupaten Blitar yang mencapai total 31.000 hektare.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pertanian Blitar

Berita Terkait

Bangsaonline Video