Sultan HB X: ISIS Gagal Pahami Islam

Selasa, 12 Agustus 2014 14:35 WIB

Sultan Hamengku Buwono X. Foto: antaranews

JOGJAKARTA(BangsaOnline)Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X menilai paham Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) adalah kegagalan dalam memahami jalan kean seseorang. Hakikatnya, kata dia, Islam itu mengembalikan fitrah kemanusiaan seseorang.

"Marilah kita membangun ukhuwah insaniyah, persaudaraan semesta yang sesuai pokok ajaran Islam rahmatan lil alamin yang koheren dengan filosofi hamemayu hayuning bawana,” kata Sultan saat menghadiri halalbihalal pejabat, tokoh masyarakat, dan pelaku usaha DIY di Kepatihan Yogyakarta, Senin malam, 11 Agustus 2014.

Terkait dengan hal itu, Kepala Kepolisian DIY Brigadir Jenderal Urip Subagyo menyatakan telah mengamankan dua lambang ISIS. Keduanya berupa bendera ISIS yang dikibarkan di Bantul dan sebuah gambar yang dibuat seorang bocah di Ngampilan, Kota Yogyakarta. “Dua lambang itu telah kami sita,” kata Urip.

Dia mengatakan anak kecil yang menggambar lambang ISIS itu pun ditegur. Setelah ditegur dan dijelaskan bahwa gambar tersebut merupakan lambang organisasi yang dilarang berkembang di Indonesia, dia kemudian melipat dan menyimpannya. “Status mereka bukan terperiksa. Kami baru melakukan wawancara, termasuk kepada warga sekitar,” kata Urip.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: tempo.co.id

 

sumber : tempo.co.id

 Tag:   isis islam

Berita Terkait

Bangsaonline Video