Tanya-Jawab Islam: Apakah Wirid Yasin itu Bid’ah? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanya-Jawab Islam: Apakah Wirid Yasin itu Bid’ah?

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: -
Sabtu, 16 Desember 2017 11:05 WIB

Dr. KH. Imam Ghazali Said

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb, Pak Kiai yang saya hormati, apakah wirid Yasin itu bid’ah? Karena saya sering ikut acara yasinan di kampung.

Lalu bagaimanakah cara ibu-ibu bila inginnya bersilaturahmi menurut ajaran Islam yang baik di hadapan Allah swt? Mohon diberi jawaban dengan gamblang.

(Ibu Wati, Pelalawan)

Jawaban:

Memang masih banyak orang yang menganggap bahwa membaca surat Yasin secara berulang-ulang atau membacanya pada setiap acara secara khusus itu bid’ah, artinya tidak pernah dilakukan pada zaman Rasul. Padahal, sekilas kalau kita cermati Yasin adalah bagian dari al-Qur’an yang tak terpisahkan, maka orang yang membaca Yasin berarti juga membaca Al-Qur’an. Apakah membaca Al-Qur’an itu bid’ah, tidak pernah dilakukan pada zaman Rasul?

Statement di atas biasanya akan dibantah bahwa membaca Al-Qur’an tidak dilarang tapi mengulang-ulang dan mengkhususkannya itu yang tidak pernah ada pada zaman Rasul. Padahal di sana ada sebuah hadis yang dilaporkan oleh Anas bahwa:

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Tanya-Jawab Islam

Berita Terkait

Bangsaonline Video