Emil Dardak dapat 'Sorban Kemenangan' dari Ampel

Wartawan: Yudi Arianto
Senin, 01 Januari 2018 23:25 WIB

Emil Dardak saat sowan di Ndalem Kiai Asep. Tampak sorban hijau misterius itu diselempangkan di bahu kanannya. Foto: YUDI ARIANTO/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ada yang tampak berbeda dari penampilan seorang Emil Dardak saat sowan ke rumah Kiai Asep, usai memberikan motivasinya kepada para wali santri PP Amanatul Ummah. Bupati Trenggalek itu menyelempangkan sebuah sorban berwarna hijau kemilau di bahu kanannya.

Saat ditanya BANGSAONLINE terkait penampilan barunya itu, ia mengaku baru mendapatkan sorban tersebut dari pemberian seorang anak yang berasal dari Kampung Ampel.

"Ada seseorang yang datang katanya dari Ampel, Insya Allah menang katanya begitu. Tolong diterima terus hilang. Ya sudah pokoknya kita berdoa saja," ucap cucu KH Dardak, Imam Besar Masjid Agung Trenggalek itu, Senin (1/1).

Emil mengatakan akan menyimpan kenang-kenangan itu. Pada saat yang tepat akan ia pakai namun tergantung pada momennya juga.

Terkait sorban misterius, Pengasuh PP Amanatul Ummah Kiai Asep menuturkan bahwa hal itu berarti bentuk konkret ikut serta mendoakan agar dalam pilgub nanti menang dan bermanfaat keberadaannya menjadi gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

"Artinya harus senantiasa ingat kepada Allah SWT. Dengan demikian akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya serta penuh amanat. Sorban dipakai dalam artian pakalilah amanah, kejujuran, keadilan, tanggung jawab untuk mewujudkan Jawa Timur maju, aman dan makmur," urai Kiai Asep.

Saat ditanya siapa kira-kira orang yang sudah mengirimkan sorban itu, Kiai Asep menduga bisa jadi mungkin dari alumni PP Amanatul Ummah. "Tetapi apa yang dilakukannya baik, saya juga tidak mencari siapa pelakunya. Kalau yang dilakukan tidak baik ya saya cari pelakunya," tegasnya. (ian/rev)