Tafsir Al-Isra 1: Tahlilan dan Lagu Indonesia Raya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tafsir Al-Isra 1: Tahlilan dan Lagu Indonesia Raya

Wartawan: -
Sabtu, 13 Januari 2018 20:34 WIB

Timnas Indonesia saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. foto: juara.bolasport.com

Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  

Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1).

Berdzikir kepada Allah SWT adalah perintah-Nya. Makin banyak, makin khusyu', makin dianjurkan. Tidak ada cara yang dipatok, silakan berdzikir sendirian atau berduaan, atau jamaah. Juga tiada penunjukan waktu, kapan saja, semakin penuh mengisi hidup dengan berdzikir, bertahlil, beristingfar, bertasbih semakin bagus.

Jadi, acara Tahlilan, Yasinan, dan sebangsanya adalah media yang sangat bermanfaat bagi orang beriman yang awam atau yang sering lupa kepada Tuhan. Lagian dia kurang mampu bercepat-cepat kembali kepada-Nya. Dengan pembacaan kalimah thayyibah bareng-bareng, maka otomatis Allah SWT dihadirkan kembali di hatinya, hal mana sebelumnya Tuhan tidak hadir sama sekali.

Lain dengan orang yang hatinya selalu "ON" kepada Tuhan, maka tahlilan tidak dibutuhkan. Hal itu karena dia sudah mampu in connecting sendiri Tuhan walau tanpa media maupun pendukung. Jiwanya sensitif dan reflek bersentuhan dengan Tuhan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video