Seribu Barong Meriahkan Pekan Budaya Kabupaten Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Seribu Barong Meriahkan Pekan Budaya Kabupaten Kediri

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: arief kurniawan
Minggu, 17 Agustus 2014 17:30 WIB

? Seribu Barong saat menunjukkan aksinya di area Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri.foto:arief kurniawan/BANGSAONLINE


KEDIRI - Tarian Seribu barongan sedot ribuan masyarakat Kediri yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, dikawasan Simpang Lima Gumul ( SLG ), Sabtu (16/8). Ribuan barongan tersebut dilakukan oleh paguyuban seni jaranan (Pasjar) Kabupaten Kediri, Tari kolosal massal ini untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 69 dan Pekan Budaya Kabupaten Kediri.

Tarian seribu barongan itu berlangsung selama kurang lebih 2 jam di sekitar Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri. Tari kolosal yang digelar untuk kedua kalinya ini. Selain di ikuti oleh 400 kelompok jaranan se-Kabupaten Kediri, Kota Kediri, juga dikuti oleh kelompok jaranan dari Kabupaten Salatiga, Boyolali dan Trenggalek.

Kabag Humas Pemkab Kediri Haris Setiawan mengatakan, tari barong atau caplokan yang merupakan bagian dari kesenian jaranan, khas Kediri, menggambarkan nafsu duniawi manusia yang akan selalu dalam kondisi baik, apabila dikendalikan dengan benar. “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan kean daerah. Sudah kali keduanya tarian ini ditampilkan dalam acara Pekan Budaya Kabupaten Kediri. Kami menghendaki agar acara seperti ini dapat ditingkatkan di tahun mendatang,” ujar Haris Setiawan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   budaya

Berita Terkait

Bangsaonline Video