Disperta Bojonegoro Sosialisasi Pentingnya Penggunaan Surfaktan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Disperta Bojonegoro Sosialisasi Pentingnya Penggunaan Surfaktan

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Eky Nurhadi
Rabu, 14 Februari 2018 12:56 WIB

Para pemateri di acara lokakarya.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro bersama dengan Tertiary Irrigation Technical Assistance (Tirta) menggelar lokakarya pentingnya penggunaan surfaktan untuk meningkatkan efektivitas pestisida pada budidaya padi, Rabu (14/2).

Riki Rivaldi, praktisi surfaktan yang menjadi pemateri pada 155 Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di acara tersebut menjelaskan, pada dasarnya surfaktan merupakan zat pelekat pestisida pada tanaman padi, agar penggunaan pestisida bisa lebih efektif.

"Penggunaan surfaktan dapat membantu menghemat penggunaan pestisida dengan mengembalikan penggunaan pestisida kedosis atau konsentrasi rendah sesuai rekomendasi pada label," jelas Riki.

Dia mengurai, peranan surfaktan tersebut untuk mencegah terjadinya resistensi atau kekebalan dan ledakan hama pada tanaman padi. "Surfaktan dapat dicampur dengan pestisida ataupun pupuk daun pada saat penyemprotan," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video