Menteri Agama Resmikan Pesantren Tren Sains Tebuireng II

Editor: m mas'ud adnan
Jumat, 22 Agustus 2014 18:12 WIB

Menteri Agama Drs Lukman Hakim Saifuddin. Foto: presidenri.go.id

JOMBANG(BangsaOnline)Pondok Pesantren Tebuireng Jombang di bawah asuhan KH Salahuddin Wahid (Gus Solah) berkembang pesat. Bahkan kini mengembangkan lembaga pendidikannya hingga mencapai empat Pesantren Tebuireng.

Semula, Pesantren Tren Sains atau Pesantren Tebuireng II akan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. M Nuh DEA. Pesantren Tebuireng II ini terletak di wilayah Jombok Ngoro Jombang Jawa Timur. Selain M Nuh juga akan hadir Menteri Agama Drs Lukman Hakim Syaifuddin dan mantan Presiden RI Prof Dr Ing BJ Habibie. Menag akan memberi sambutan sedang BJ Habibie menyampaikan orasi ilmiah.

Tapi, menurut  Gus Solah kepada bangsaonline.com, BJ Habibie dan M Nuh tak bisa hadir. Jadi yang meresmikan Pesantren Tebuireng II adalah Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin.  

Dalam acara bersejarah itu pengasuh Pesantren Tebuireng Gus Solah akan memberi sambutan.

Seperti diberitakan bangsaonline.com, Pesantren Tebuireng kini telah mengembangkan diri menjadi empat Pesantren. Yaitu Pesantren Tebuireng (pusat), Pesantren Tebuireng II di Jombok Ngoro Jombang, Pesantren Tebuireng III di Inhil Riau dan Pesantren Tebuireng IV di Inhu Riau. Pesantren cabang ini tampaknya akan terus berkembang sesuai kebutuhan pendidikan masyarakat Indonesia.

Selain peresmian Pesantren Tebuuireng II besok juga digelar Temu Alumni Nasional dan Musyawarah Nasional (Munas) alumni Pesantren Tebuireng.

”Temu kangen alumni akan dikemas agak beda. Para alumni bisa ngobrol/kumpul agak lama (habis dzuhur sampe maghrib) dengan sahabat2 tempo dulu/angkatan masing2 di serambi masjid dan sekitarnya sambil minum wedang kopi dan snack ala kadarnya yang disediakan panitia,” kata Dr. H. Sahid HM, M.Ag, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Tebuireng (IKAPETE). Menurut Sahid, dalam acara yang dihadiri alumni Tebuireng dari seluruh Indonesia itu juga digelar tahlil akbar masyayikh sekaligus pemilihan ketua umum IKAPETE. Karena itu Sahid minta para alumni pagi-pagi jam 8 sudah berkumpul di Tebuireng. Ini selain karena padatnya acara juga untuk secara bersama-sama berangkat ke lokasi Pesantren Tebuireng II di Jombok Ngoro Jombang yang diperkirakan berjarak 11 KM dari Pesantren Tebuireng.

Sahid menjelaskan bahwa acara peresmian besok akan dihadiri alumni pesantren Tebuireng dan alumni pesantren yang serumpun dan telah menjalin kerjasama dengan Tebuireng, antara lain:

1. Pesantren Tebuireng Putra/i
2. Pesantren Putri Al-Masruriyah Tebuireng
3. Pesantren Putri (Tengah, Utara,Timur) Seblak
4. Pesantren Putri Walisongo Cukir
5. Pesantren Darul Falah Cukir
6. Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng
7. Pesantren Manbaul Hikam Jatirejo Diwek
8. Pesantren Al Faroz Kwaron