Pelindo III Dorong Industri Nasional Produksi Peralatan Bongkar Muat

Editor: nur syaifudin
Rabu, 27 Agustus 2014 00:07 WIB

Pelindo III jalin kerjasama penyediaan alat berat.

Surabaya-(BangsaOnline)

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) (Pelindo III) mendorong terciptanya industri peralatan bongkar muat nasional di Indonesia.Semangat itu muncul mengingat selama ini peralatan bongkat muat di pelabuhan masih harus didatangkan dari luar negeri.

Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto menyatakan, bahwa mayoritas peralatan bongkat muat di pelabuhan eksisting saat ini merupakan produksi luar negeri seperti Jerman, Finlandia, China, Jepang, dan beberapa negara lainnya.

Alat dimaksud berupa container crane (alat bongkat muat dari kapal ke darat dan sebaliknya), rubber tyred gantry (alat bongkat muat di lapangan penumpukan), dan beberapa peralatan angkat dan angkut lainnya. “Kedua alat itu semuanya masih didatangkan dari luar negeri.Jadi,di pelabuhan-pelabuhan kita ini semuanya masih alat-alat produksi asing,” kata Djarwo di kantor pusat PT Len Industri (Persero), Selasa (26/8).

Melihat realita tersebut, Pelindo III mendorong PT Barata Indonesia (Persero) dan PT Len Industri (Persero) untuk dapat menciptakan industri alat bongkat muat kepelabuhanan nasional.Sebagai langkah awal, ketiga BUMN itu telah melakukan penandatanganan kesepahaman untuk penyediaan peralatan bongkar muat produksi dalam negeri.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: humas

 

sumber : humas

 Tag:   pelindo iii

Berita Terkait

Bangsaonline Video