​ Kebutuhan Sapi di Jatim untuk Idul Adha Aman | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​ Kebutuhan Sapi di Jatim untuk Idul Adha Aman

Editor: nur syaifudin
Wartawan: nisa
Rabu, 27 Agustus 2014 22:59 WIB

Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur


Surabaya-(BangsaOnline)

Dinas Peternakan Jatim memperkirakan, kebutuhan sapi untuk keperluan di Jatim aman. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, kenaikan kebutuhan sapi untuk daging kurban sekitar 10 persen.

“Ketersediaan daging sapi di Jatim aman-aman saja. Total populasi sapi untuk dipotong sekitar 4 jutaan. Stok aman untuk dipotong tahun ini sekitar 1 jutaan. Itu sudah termasuk untuk keperluan daging kurban. Dan sapi-sapi tersebut adalah murni sapi lokal Jatim,” ujar Kepala Dinas Peternakan Jatim Maskur.

Dari jumlah 1 juta itu, yang 500 ribu ekor untuk konsumsi kebutuhan di Jatim. Yang 250 ribuan ekor dikirim Jakarta dan Jabar. Ada juga yang dikirim ke Kalimantan untuk pembibitan sapi. Dan sekitar 200 ribuan ekor adalah stok aman.

Maskur mengatakan, yang diwaspadai untuk hewan kurban adalah penyakit antraks dan Jembrana Disease. Ia menuturkan, tahun lalu saat Dinas Peternakan Jatim menolak kambing-kambing asal Jateng. Sebab, kasus terakhir tahun 2011, di Sragen dan Karang Anyar Jateng sempat terjadi kasus antraks.

“Antraks itu bisa menyerang kambing dan sapi. Kalau sampai antraks sampai masuk Jatim, pasti kambing dan sapi Jatim tidak akan laku. Untuk mewaspadai penyakit tersebut, pos-pos pemantau kesehatan hewan terus siaga,” tandasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Idul Adha

Berita Terkait

Bangsaonline Video