Ikan Patin Jawa Timur Tembus Pasar Eropa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ikan Patin Jawa Timur Tembus Pasar Eropa

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Sabtu, 21 April 2018 00:36 WIB

Kepala Diskanla Jatim, Heru Tjahjono menunjukkan produk ikan Patin yang sudah dikemas dalam bentul fillet. Foto : DIDI ROSADI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pasar ikan Patin di Jawa Timur dalam beberapa tahun terakhir cukup menggembirakan. Pemprov menyebut ikan air tawar ini banyak diminati di Eropa. Bahkan ikan Pati ini juga akan menjadi menu bagi jamaah Haji dari Indonesia mulai tahun ini.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Jatim Heru Tjahjono mengatakan, pemprov saat ini tengah berusaha meningkatkan produksi ikan Patin. Melihat potensi permintaan pasar yang lumayan besar. Pasalnya untuk kualitas, tak kalah dengan ikan Dori yang biasa disajikan di restoran.

"Ikan patin saat ini banjir permintaan. Karena ini ikan lokal yang sama dengan ikan dori," ujar Heru, Jumat (20/4).

Berdasarkan data yang ada, produksi ikan patin saat ini sudah meningkat. Pada 2017 saja yang dihasilkan telah melebihi target. Dari 6.180 ton, realisasinya mencapai 7.563 ton. Sebanyak 154 ton diantaranya diekspor. Negara Eropa menjadi tujuan utama pengiriman ikan patin. "Kebetulan Vietnam di banned, sehingga kita bisa masuk ke Eropa," tegasnya.

Ikan patin yang diekspor ini, lanjutnya, sudah melewati pengujian standard kelayakan pengolahan dan telah melalui kualiti kontrol. Begitu juga dengan pengepakannya, ikan patin ini di fillet. Pemprov pun mendorong dengan memberikan bantuan dan penambahan kapasitas serta lahan baru usaha fillet patin. Dengan begitu, Heru menargetkan produksinya bisa mencapai 10 ribu ton tahun 2018.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   diskanla jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video