​Survei SSC: Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul-Puti 1,9 Persen | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Survei SSC: Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul-Puti 1,9 Persen

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Jumat, 27 April 2018 22:16 WIB

Tim kampanye Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti hadir dalam riis survei SSC di Hotel Yello Surabaya. FOTO : DIDI R/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Surabaya Survey Center (SSC) merilis hasil survei yangbmereka laksanakan periode April 2018. Hasil survei itu menyebutkan Pasangan Calon Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestinto Dardak unggul dengan elektabilitas 41,1 persen. Sedangkan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno 39,2 persen.

Selisih dari kedua pasangan calon cukup tipis. Hanya tercatat 1,9 persen. Sementara undecided voters atau yang belum menentukan pilihan sebesar 19,7 persen.

Direktur SSC Mochtar W. Oetomo mengatakan, jika dilihat dari elektabilitas kedua pasangan calon yang dilakukan pada survei Desember 2017 ada peningkatan. Di mana saat itu elektabilitas Khofifah-Emil hanya 33,9. Sementara Gus Ipul yang waktu itu masih berpasangan dengan Abdullah Azwar Anas hanya 36,2 persen.

"Khofifah-Emil naiknya cukup signifikan, yakni sebesar 6,2 persen. Sedangkan Gus Ipul saat ini naiknya hanya 3 persen," tuturnya.

Pada survei kali ini, Dosen Universitas Trunojoyo ini menyebutkan, Khofifah-Emil dianggap paling paham masalah pengentasan kemiskinan, pendidikan dan pengendalian harga barang. Lalu pasangan calon Gus Ipul-Puti dianggap kompeten menghadapi pembangunan, infrastruktur, pesantren serta madrasah diniyah (madin).

“Setelah sekian lama berkampanye melahirkan sebuah persepsi di publik. Hasilnya, pasangan calon nomor satu lebih dipersepsikan pintar, cerdas, menguasai persoalan. Pasangan calon nomor dua lebih dipersepsikan santun, lebih tenang,” beber Mochtar, Jumat (27/4).

Dikatakan Mochtar, sebenarnya pertarungan kedua pasangan calon ini masih berlangsung sengit dan ketat. Hal itu tidak lepas dari latar belakang keduanya yang memang sudah sangat dikenal. Bahkan pihaknya mencatat popularitas masing-masing pasangan calon mencapai 90 persen. Secara teoritis angka tersebut sudah notok.

“Sehingga wakil nanti yang menentukan pertarungan kali ini,” sebutnya. Perlu diketahui Elektabilitas calon wakil yang dilakukan SSC per April 2018, Emil 28,6 persen dan Puti 21,2 persen.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pilgub Jatim 2018

Berita Terkait

Bangsaonline Video