Pengembangan Wisata di Pangkahwetan Butuh Campur Tangan Pemerintah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pengembangan Wisata di Pangkahwetan Butuh Campur Tangan Pemerintah

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Minggu, 29 April 2018 02:45 WIB

Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Qolib didampingi Kades Pangkahwetan Syaifullah Mahdi saat melihat wisata agro di lahan seluas 3 hektar. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah obyek wisata yang ada di Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik menyita perhatian penggagas program Desa Mandiri (DM), Nur Qolib.

Bersama para pengurus DM, Nur Qolib yang juga Wakil Ketua DPRD Gresik meninjau  langsung langsung keberadaan sejumlah obyek wisata yang dimiliki Desa Pangkahwetan karena selama ini wisata-wisata tersebut belum mendapatkan sentuhan Pemkab, terlebih Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

Padahal banyak obyek wisata di Pangkahwetan yang sudah menyedot kunjungan ribuan wisatawan baik domestik maupun luar negeri (LN). Misalnya wisata agro (petik buah), Muara Bengawan Solo (MBS), suaka burung, mancing mania, mangrove, dan sejumlah objek wisata lain. 

Banyaknya potensi wisata yang dimiliki Desa Pangkahwetan sampai membuat Nur Qolib terperangah. "Luar biasa obyek wisata yang dimiliki oleh Desa Pangkahwetan. Pemerintah wajib hadir untuk mengembangkan Desa Wisata di Pangkahwetan," ujar Nur Qolib kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (28/4/2018).

"Sangat potensi untuk mendongkrak pendapatan. Khususnya untuk menopang pendapatan Desa Pangkahwetan sehingga menjadi desa mandiri," papar politikus PPP ini.

Pria asal Menganti ini menyatakan bahwa program pengelolaan dan pengembangan pariwisata memang menjadi program prioritas di tahun 2019.

Karena itu, pihaknya berjanji akan mem-back up desa-desa yang memang memiliki potensi seperti Pangkahwetan agar diprioritaskan untuk dikembangkan sebagai desa mandiri.

"Untuk itu, pemerintah wajib hadir untuk ikut andil dalam mengembangkan objek wisata di Pangkahwetan. Baik hadir dalam sisi penganggaran, mulai menyiapkan infrastruktur jalan yang layak, sarana kesehatan, tempat rest area dan sarana penunjang lain," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   wisata Gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video