Baznas Kota Malang Turut Bantu Warga Desa Cemorokandang agar Bebas dari Rentenir | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Baznas Kota Malang Turut Bantu Warga Desa Cemorokandang agar Bebas dari Rentenir

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Iwan Irawan
Senin, 04 Juni 2018 11:16 WIB

Ahmad Tegar (13), warga Cemorokandang saat menerima santunan dari Ust. Neyluk Izdiran, disaksikan Ketua Baznas Kota Malang. foto: IWAN/ BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang turut prihatin dengan kondisi ekonomi masyarakat Desa Cemorokandang yang banyak terjerat bank thitil alias rentenir. Oleh karena itu, Baznas turut berperan menangkal bank thitil lewat bantuan permodalan lunak yang bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Hal ini disampaikan Ketua Baznas Kota Malang Dr. HM. Fauzan Zenrif, M.Ag usai menyantuni 79 anak yatim piatu dan 108 orang lansia di Masjid Jami' Buring, Cemorokandang, yang merupakan bagian dari Roadshow Baznas menyantuni 1.000 anak Yatim dan 1.000 lansia.

Fauzan Zenrif menjelaskan bahwa pembinaan terhadap warga melalui permodalan lunak tersebut dimulai tahun 2014 silam. "Hal itu dimanfaatkan benar oleh warga desa sini. Terbukti, ada beberapa orang yang terlepas dari keterpurukan atau jeratan bank thitil (rentenir)," jelasnya.

Dari tahun 2014 hingga 2015 Baznas Kota Malang telah membantu sejumlah warga dalam hal permodalan, seperti yang diberikan kepada Bagong bersama 8 orang lainnya. Saat itu Bagong terlepas dari rentenir setelah mendapatkan bantuan modal dari Baznas sebesar Rp 23 juta. "Kemudian sejak tahun 2016 saya sudah berdikari dan modal sendiri," kata Bagong.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   baznas kota malang

Berita Terkait

Bangsaonline Video