Tebing Pelangi, Wisata Baru di Tuban yang Dibangun di atas Bekas Lahan Tambang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tebing Pelangi, Wisata Baru di Tuban yang Dibangun di atas Bekas Lahan Tambang

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Suwandi
Kamis, 21 Juni 2018 20:17 WIB

Wisata Tebing Pelangi di Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban dipadati pengunjung setiap hari.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Cik Eny (34), begitulah orang memanggilnya. Meski namanya tak setenar pejabat pemerintah dan para pengusaha besar, namun inovasi dan kegigihannya patut diapresiasi.

Bagaimana tidak, perempuan kelahiran Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban itu, kini mampu merubah lahan bekas tambang kumbung menjadi lokasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Lokasi wisata itu itu dinamakan Wisata Tebing Pelangi. Wisata yang berada di Desa Tuwiri Kulon dan dibuka sejak 11 Mei 2018 itu hingga kini selalu ramai pengunjung. Per hari, pengunjungnya mencapai ribuan orang. Apalagi saat weekand, pengunjung bisa meningkat hingga dua kali lipat.

Saat ditemui di lokasi wisata, Cik Eny menceritakan bahwa pembangunan lokasi wisata ini dilatabelakangi oleh perasaan miris saat melihat lahan bekas tambang kumbung di daerahnya yang gersang dan tak terpakai. Ia juga miris karena banyak warga sekitar lahan bekas tambang yang butuh pekerjaan.

Dari situlah, ia mempunyai ide untuk membeli lahan tersebut untuk dimanfaatkan sebagai obyek wisata. "Emang butuh biaya besar untuk mengubah tempat wisata ini, tapi saya gak peduli, yang penting tempat ini bisa memberikan manfaat kepada orang lain," ungkapnya.

Meski masih beberapa bulan, namun Wisata Tebing Pelangi sudah dilengkapi dengan aneka fasilitas. Ada berbagai wahana permainan, meliputi Sky Bike, Flying Fox, Kolam Renang anak-anak, kolam bermain pasir dan berbagai spot selfie. Sedangkan fasilitas tambahan, mulai dari kantin, café, dan musholla juga ada.

Dalam waktu dekat, Cik Eny mengungkapkan jika dirinya ingin menambahkan fasilitas di Wisata Tebing Pelangi berupa wahana kolam renang syariah, karpet terbang, serta cottage sehingga pengunjung bisa bermalam.

Menurutnya, desain wisata Tebing Pelangi terinspirasi dari sejumlah tempat wisata di Eropa dan Asia. "Saat traveling ke Eropa dan Asia, saya sambil belajar dan mengamati. Hasil dari sana kemudian dimodifikasi di sini," ungkapnya.

Cik Eny memastikan bahwa reklamasi bekas lahan tambang yang dijadikan wisata ini sudah aman. Ia mengaku mendatangkan tim geografis dari Universitas Padayangan, Bandung untuk melakukan kajian kelayakan. Tim dari Universitas Padayangan akhirnya menyatakan jika bekas tambang kumbung aman karena tidak digunakan selama 8 tahun, sehingga makan batuannya mati.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Wisata Tuban

Berita Terkait

Bangsaonline Video