Festival Panji Internasional, Sebagai Wujud Budaya Panji Milik Kabupaten Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Festival Panji Internasional, Sebagai Wujud Budaya Panji Milik Kabupaten Kediri

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Jumat, 06 Juli 2018 18:17 WIB

Dipilihnya festival Panji Internasional, karena Candi Tegowangi ini merupakan salah satu candi yang ada kisah di reliefnya tentang panji.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Festival Panji Internasional telah dilaksanakan sebagai pembuka Event akbar Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2018. Acara tersebut digelar di area candi Tegowangi Kecamatan Plemahan, Rabu (4/7).

Menariknya acara Festival Panji Internasional diikuti oleh 2 negara yaitu delegasi dari Thailand dan Kamboja sebanyak 60 orang. Dihibur oleh Wayang Krucil dengan dalang Ki Harjito Mudho Darsono dari Maron Senden kayen Kidul.

Perjalanan Sebelum berada di Kabupaten Kediri Festival Panji Internasional memulai kegiatan di Denpasar, Pandaan Pasuruan, Malang, Blitar, Tulungagung, Kabupaten Kediri kemudian dilanjutkan ke Jogjakarta dan terakhir di Jakarta.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melalui Kabid Sejarah dan Kepurbakalaan Yuli Marwantoko, SE., MM mengatakan melalui kegiatan ini masyarakat akan bisa tau situs peninggalan yang ada di Kabupaten Kediri. Candi Tegowangi merupakan simbol dari cerita panji yang ada di Kabupaten Kediri. 

“Kami juga mengundang dari delegasi Thailand dan Kamboja agar budaya Panji bisa dikenal oleh Dunia Internasional. Memperkenalkan cerita Panji kepada anak adalah salah satu cara bagaimana kita melestarikan kekayaan Budaya yang ada di Kabupaten Kediri,” jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video