Teknologi Rorak, Cara Mudah dan Murah Mencegah Banjir | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Teknologi Rorak, Cara Mudah dan Murah Mencegah Banjir

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Ahmad Fuad
Rabu, 11 Juli 2018 11:40 WIB

Dirut YSII, Pitono memperlihatkan bentuk rorak. foto: Ahmad Fuad/ BANGSAONLINE

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aktivis Lingkungan dari Gerakan Rejoso menemukan teknologi yang sangat murah untuk mencegah banjir secara praktis. Temuan itu khususnya diperuntukkan bagi para petani yang biasanya punya keseharian di ladang.

Teknologi itu dalam istilah dinamakan “rorak” atau parit buntu. Yaitu dengan membuat kubangan tanah berbentuk kotak ukuran 50x50 cm dan kedalaman 40 cm. Selain bisa dimanfaatkan untuk menanam pohon, rorak bisa berfungsi menyerap banyak air.

Adalah Direktur Yayasan Social Investmen Indonesia (YSII) Pitono Nugroho yang mengungkapkan temuan tersebut. Menurut pitono, rorak bisa dibuat sebanyak mungkin. Misalnya, dalam luasan tanah 1 hektare bisa dibuat sekitar 200 rorak.

"Semakin banyak rorak yang dibuat, semakin banyak air yang diserap," jelas Pitono kepada BANGSAONLINE.com yang menemuinya di Dusun Wonorejo, Desa Tempuran, Pasuruan, Rabu (11/7).

Namun, Pitono menjelaskan bahwa tidak semua lahan atau lahan kosong bisa dibuat rorak. Lihat kondisinya juga, yang sekiranya daerah itu aman dari erosi banjir. "Dalam istilah kami adalah pertengahan antara daerah hulu dan hilir," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video