Tak Punya Komputer, Siswa SMA Negeri di Puri Mojokerto Nekat Ikut Olimpiade Informatika | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tak Punya Komputer, Siswa SMA Negeri di Puri Mojokerto Nekat Ikut Olimpiade Informatika

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rochmad Aris
Senin, 13 Agustus 2018 20:42 WIB

Akhmad Rizal saat proses pendidikan.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Akhmad Rizal Arifudin, siswa SMAN 1 Puri Mojokerto akan bertanding kembali di ajang perlombaan sains bidang Informatika atau komputer di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), September mendatang. 

Sebelumnya Akhmad telah mewakili sekolahnya di ajang yang sama sebanyak 3 kali di tahun 2016 dan 2017.

"Saya berhasil membawa pulang gelar juara di tiga ajang itu. juara pertama saya raih pada perlombaan wilayah Kabupaten Mojokerto, serta wilayah kota dan kabupaten Mojokerto. Yang terakhir saya mendapat juara ke 3 tingkat provinsi oliampiade algoritma dan programing di Unair," kata dia saat diwawancarai, Senin (13/8).

Rizal, sapaan akrabnya menjelaskan secara ringkas mengenai perlombaan komputer yang sering ia ikuti. Lomba yang bagi Rizal cukup rumit itu memadukan dua unsur ilmu yakni pemrograman dan matematika logika. 

"Kami membaca program pascal dan menghitung secara manual. Kami menggantikan peran komputer yang serba instan. Saat lomba, Kami diberi waktu 120 menit untuk menyelesaikan 40 soal," jelasnya.

Uniknya, di sekolah Rizal tak pernah terpikir untuk terjun di dunia pemrograman dan matematika logika. Sebab, mulanya ia lebih berminat mendalami ilmu fisika. 

"Saya dulu suka dengan pelajaran fisika. Tetapi di tengah perjalanan saya merasa tak cocok, dan akhirnya banting stir mendalami ilmu anti mainstream pemrograman dan matematika logika," cetus Rizal.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video