Tekan Angka Stunting, 15 Desa Didampingi GAIN dari Swiss | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tekan Angka Stunting, 15 Desa Didampingi GAIN dari Swiss

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Sugiyanto
Rabu, 29 Agustus 2018 16:50 WIB

15 desa di 13 Kecamatan di Bondowoso mendapat pendampingan dari GAIN, Swiss.

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 15 desa di 13 Kecamatan di Bondowoso mendapat pendampingan dari GAIN (Global Aliance for Improved Nutrition), Swiss, selama tiga tahun ke depan, mulai 2018 ini.

Dipilihnya wilayah tersebut, lantaran tingginya angka berdasarkan data dari Dinas Kesehatan yang mengacu pada hasil bulan timbang Februari 2018.

Sebanyak 10 desa di tujuh kecamatan di antaranya, masuk juga ke dalam wilayah focus Dinkes. Yakni kecamatan Maesan, Grujugan, Binakal, Sumber Wringin, Prajekan, Tapen, dan Kelabang.

Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso, dr. Imron menerangkan, pendampingan yang dilakukan yakni dengan memberikan pelatihan dan praktek langsung tentang pemberian ASI eksklusif yang ujungnya bisa menekan angka .

"Jadi mereka harapannya masuk lewat Posyandu, yang akan diintervensi ibu, kader, ibu hamil, ibu bayi, dan ibu balita," paparnya, kemarin.

Pihaknya berharap ke depan pendampingan ini akan direplikasi ke kecamatan lain. "Mudah-mudahan setelah tiga tahun, GAIN ini masih bertahan di Bondowoso, kalau GAIN bersedia mereplikasi berarti GAIN. Kalau tidak, ya berarti kabupaten Bondowoso," imbuhnya.

Lebih lanjut, Imron menerangkan bahwa dengan adanya pendampingan GAIN ini, pihaknya menargetkan bisa menekan angka menjadi di bawah kurang dari 20 persen.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video