Gabung ISIS, Ratusan Pemuda Jerman hanya Ingin Tiru Film Action | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gabung ISIS, Ratusan Pemuda Jerman hanya Ingin Tiru Film Action

Editor: rosihan c anwar
Jumat, 12 September 2014 07:26 WIB

pemuda Jerman yang berpose di depan bendera ISIS. Hanya untuk memacu adrenaline... foto:repro dw.de

BERLIN (bangsaonline) - Sekitar 400 warga Jerman diduga bergabung dengan kelompok teror ISIS di Irak dan Suriah. Motivasi utama para pemuda itu hanyalah untuk petualangan, ingin meniru film action.

Mereka biasanya berangkat ke Suriah lewat Turki, setelah termakan propaganda ISIS yang dikemas seperti film action.

Situs dw.de memberitakan, ISIS yang sekarang berganti nama menjadi Islamic State (IS) memang berhasil merekrut banyak relawan asing. Diduga ada sekitar 1.200 relawan asing yang berasal dari 74 negara yang ikut berperang di Suriah dan Irak, demikian laporan lembaga penelitian ICSR di London.

Bagi relawan asal Jerman, memang tidak terlalu sulit berangkat ke Suriah. Mereka biasanya dengan mudah pergi ke Turki, lalu menuju perbatasan ke Suriah. Motivasinya utamanya adalah mencari "petualangan dan action".

Di Jerman, relawan ISIS biasanya direkrut oleh kalangan Islam garis keras Salafi. Diduga ada sekitar lima sampai sepuluh ribu anggota Salafi dari sekitar 4 juta umat muslim di Jerman.

Kelompok Salafi belakangan cukup aktif menyebarkan propaganda Islamis. Mereka terakhir jadi sorotan setelah menggelar aksi "Polisi Syariah" di Wuppertal. Di beberapa kota lain, mereka rajin menggelar diskusi tentang Islam, terutama untuk menjaring kaum remaja imigran.


Berkedok Solidaritas Kelompok

Ada berbagai alasan mengapa seseorang menjadi radikal, tapi ada pola yang sama, kata Florian Endres dari Kantor Urusan Migrasi dan Pengungsi, BAMF. "Biasanya ada kr kepribadian, remaja seperti kehilangan makna kehidupan. Situasi inilah yang menjadi lahan subur bagi para penyebar ideologi radikal", kata Endres.

"Kelompok Salafi menggunakan bujukan dengan solidaritas kelompok yang kuat. Mereka menganggap kelompoknya sebagai kelompok kecil yang terpilih."

Dalam diskusi kelompok, berjihad ke Suriah tidak secara langung menjadi tema. Propaganda untuk itu disebar lewat internet langsung dari Suriah dan Irak. ISIS punya divisi media yang khusus menggarap isu ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: dw.de

 

sumber : dw.de

 Tag:   isis

Berita Terkait

Bangsaonline Video