Gua Jenggung Pacitan, Laksana Berlibur ke Turki | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gua Jenggung Pacitan, Laksana Berlibur ke Turki

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Kamis, 04 Oktober 2018 13:39 WIB

Pemandangan di dalam Gua Jenggung yang begitu mempesona.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gua Jenggung, begitulah nama yang diberikan kepada gua yang baru ditemukan di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Saat melihat keindahan stalaktit maupun stalagmit di dalam Gua Jenggung, laksana berlibur ke Turki. Betapa tidak, pancaran bebatuan dari dalam gua tak ubahnya seperti pasir emas yang berkilau saat tersentuh terangnya cahaya.

"Fenomena ini layaknya bebatuan yang ada di Turki. Indah berkilau, apalagi saat terkena cahaya lampu. Stalagmit maupun stalaktit yang ada di Gua Jenggung itu memancar seperti pasir emas. Tentu ini sebuah mahakarya sang pencipta yang kebetulan ada di Pacitan," ujar Endang Surjasri, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan, memberikan sekilas gambaran Gua Jenggung, Kamis (4/10).

Menurut Endang, gua tersebut mungkin jauh lebih indah dari Gua Gong yang selama ini dikenal sebagai gua terindah di Asia Tenggara. Hanya saja, sejauh ini Pemkab Pacitan belum bisa berbuat lebih untuk membuka obyek wisata baru tersebut. Selain kendala kemampuan anggaran dan SDM, juga status lahan yang perlu penelusuran lebih lanjut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Wisata Pacitan

Berita Terkait

Bangsaonline Video