Pabrik Mobil Listrik di Driyorejo Gresik, Produksi 10.000 Unit/Tahun

Senin, 22 September 2014 15:24 WIB

Mobil listrik Selo dan mobil listrik MPV Gendhis saat dipamerkan di Indonesia International Motor Show. Foto: detik.com


JAKARTA(BangsaOnline) Menteri BUMN Dahlan Iskan tetap menyatakan ketertarikannya untuk bisa memproduksi mobil listrik lokal. Dan kini dirinya mengakui sudah menemukan investor yang mampu memproduksi mobil listrik.

"Mobil listrik Indonesia harus bangkit, iya kita sudah mendapatkan investor mobil listrik di Indonesia," ujar Menteri BUMN Dahlan Iskan di IIMS 2014, Senin (22/9/2014).

Dahlan menambahkan, investor mobil listrik untuk Indonesia sudah memiliki pabrik dan sudah memiliki izin untuk memproduksi massal mobil listrik.

"Dia (investor mobil listrik-Red) sudah memiliki pabrik yang bisa memproduksi 10.000 unit per tahun (mobil listrik-Red)," katanya.

Dirinya pun menambahkan, saat ini Dahlan lebih fokus untuk mengurus perizinan mobil listrik.

"Sekarang STNK mobil listrik pertama tipe minivan sudah keluar minggu lalu, dan baru disusun produksinya (kapan produksi massalnya-Red). Dan sekarang tinggal antre untuk perijinan mobil listrik Indonesia model lainnya," katanya.

"Pabrik mobil listrik ini berada di Driyorejo (Gresik)," katanya.

Dahlan Iskan sebagai kreator mobil listrik Indonesia memastikan, Indonesia harus memiliki mobil listrik buatan lokal. Dan Dahlan pun menginginkan di daerah-daerah mobil listrik harus bisa berkeliaran.

"Saya ingin seperti Tarakan atau Lombok semuanya menggunakan mobil listrik. Total full semuanya listrik (baik kendaraan umum maupun pribadi," katanya.
Meski infrastruktur Indonesia belum terlalu meyakinkan untuk menyambut mobil listrik, Dahlan tetap optimistis bakal ada mobil listrik di Indonesia.

"Dan kelemahan teman-teman itu ngurusnya kurang sabar, seperti izin-izinnya mungkin karena anak-anak muda. Sulit sedikit sudah emosi, tapi kini teman-teman tim dari Selo sudah lebih bersabar, kalau memang sulit dijalankan dengan sabar," tambahnya.

Selo dan mobil listrik MPV Gendhis saat ini tengah dipamerkan di Indonesia International Motor Show. Kedua mobil ini menarik perhatian pengunjung meski ditempatkan bukan di hall utama IIMS.

 

sumber : detik.com