​KEK Singhasari Malang, Menjawab Tantangan Era Industri 4.0 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​KEK Singhasari Malang, Menjawab Tantangan Era Industri 4.0

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Rabu, 12 Desember 2018 20:11 WIB

Kriswidyat Praswanto (tengah), foto bersama rombongan Biro Humas dan Protokol serta Pokja Wartawan Pemprov Jatim di KEK Singhasari 4.0 Kabupaten Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Tiga kegiatan utama dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari Kabupaten Malang yakni, pariwisata, ekonomi digital, dan ekonomi kreatif. Harapannya, integrasi dari tiga komponen tersebut bisa memberikan dampak ekonomi secara signifikan baik lokal, regional hingga provinsi.

"Kalau bukan kawasan ekonomi khusus mungkin kita hanya membangun kawasan lokal saja. Tapi, kalau di KEK kita memang memproyeksikan impact-nya itu sampai di regional bahkan provinsi," jelas Pengelola KEK Singhasari Malang Kriswidyat Praswanto, ST MM kepada rombongan Biro Humas dan Protokol bersama Pokja Wartawan Pemprov Jatim, Sabtu (8/12) lalu.

Pria yang juga menjabat sebagai GM PT Intelegensia Grahatama ini menguraikan, pada sektor pariwisata KEK Singhasari akan mengangkat culture and heritage. Ia beralasan, karena di Singosari Malang ini merupakan pusat kerajaan Singhasari/Singosari yang berdiri pada abad ke-13.

"Di sinilah (Singosari) pusat kerajaan Singhasari. Kerajaan Singhasari dulu ini seperti apa, dan itu perlu diketahui oleh generasi sekarang. Terutama generasi milenial yang harus memahami filosofi semangatnya," urai Kris, sapaan Kriswidyat Praswanto.

Ia mengungkapkan, apabila pendekatannya kepada generasi milenial ini tidak dengan digital teknologi, mungkin mereka tidak akan tertarik. Maka dari itu, lanjut Kris, pembangunan pariwisata yang dikemas dengan sebuah atraksi (pertunjukan) di dalamnya itu akan diintegrasikan dengan digital teknologi.

"Hal ini pasti akan menarik kalangan milenial untuk mengeksplorasi tempat ini. Salah satu yang menjadi daya tariknya adalah seni pertunjukannya tersebut," ungkap Kris.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Ekonomi Malang

Berita Terkait

Bangsaonline Video