Arus Peti Kemas Meningkat Hampir 4% Menjelang Lebaran, TPS Siapkan Gate Automation | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Arus Peti Kemas Meningkat Hampir 4% Menjelang Lebaran, TPS Siapkan Gate Automation

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri
Jumat, 17 Mei 2019 22:34 WIB

Seorang pengemudi truk sedang membuka gate secara mandiri.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Arus peti kemas melalui Terminal Petikemas Surabaya (TPS) menjelang lebaran meningkat drastis dibanding tahun sebelumnya, yakni tercatat sebanyak 463.974 Teus sampai dengan April 2019, meningkat 3,84% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 446.819 Teus.

Perolehan tersebut diperoleh dari arus peti kemas internasional sampai dengan April 2019 naik sebanyak 3,30% dibanding tahun sebelumnya yakni sebesar 427.276 Teus, dan arus petikemas domestik yang tercatat 36.698 Teus meningkat 10,62% dibanding periode tahun sebelumnya.

Berbagai upaya peningkatan fasilitas telah diupayakan oleh TPS, di mana baru-baru ini TPS juga sedang mempersiapkan peningkatan fasilitas pada Gate, yakni Gate Automation. Gate Automation adalah proses “in gate” dan “out gate” mandiri oleh sopir truk.

Gate Automation di pelabuhan adalah salah satu rekomendasi dari pemerintah pusat untuk memposisikan peringkat EoDB (Ease of Doing Business) Indonesia dari 73 menjadi 43 dari 190 negara berdasarkan release Bank Dunia pada tahun 2018. Gate Automation ini akan diterapkan pada kegiatan ekspor dan impor

Di mana pengguna jasa harus terlebih dahulu melakukan booking penerimaan atau booking pengambilan peti kemas melalui aplikasi online Clique247. Setelah itu sopir truk datang ke terminal dengan membawa driver ID card yang digunakan untuk melakukan transaksi di in gate dan out gate.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video