Kenapa Pria Haram Memakai Emas?

Editor: rosihan c anwar
Kamis, 16 Oktober 2014 14:34 WIB

>>>>>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<<<<<.

Pertanyaan:

Pak Kyai yang saya hormati, saya mendengar dari beberapa teman kalau laki-laki tidak diperbolehkan memakai perhiasan dari emas, saya kok jadi heran kenapa diharamkan dari sisi logika mana bertentengan dengan manusia? terima kasih.

(Hamba Allah, Surabaya)


Jawaban:

perlu dipahami terlebih dahulu bahwa dalam kita beragama itu tidak harus semuanya bisa dilogika dengan akal manusia, ada beberapa ajaran yang sifatnya dogma (tauqifi), yaitu kita menerima apa danya perintah itu sesuai dengan petunjuknya di dalam Alquran dan sunnah.

Memakai perhiasan emas memang diharamkan bagi kaum pria, hal ini didasarkan pada hadis nabi laporan Abu Musa, yang artinya: “Rasulullah saw bersabda, ‘Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para pria’.” (HR. An Nasai :. 5148)

dan juga hadis Rasulullah saw berbunyi, yang artinya: “Nabi saw melarang cincin emas (bagi laki-laki)”. (HR. Bukhari : 5863)

Dari hadis-hadis di atas menunjukkan pelarangan memakai emas dan sutra bagi pria, dan dipertegas lagi dengan pelarangan Rasulullah saw atas pemakaian cincin bagi pria.

Imam Nawawi berpendpat bahwa “Emas itu haram bagi laki-laki berdasarkan ijma’ (kesepakatan) para ulama dan Para ulama kaum muslimin sepakat juga bahwa cincin emas halal bagi wanita. Sebaliknya mereka juga sepakat bahwa cincin emas haram bagi pria.”

Sebagian ulama berpandangan tentang hikmah diharamkannya emas bagi pria, dikarenakan emas pada saat itu dan seharusnya juga sampai sekarang digunakan sebagai mata uang yang berupa dinar (uang emas) di antara masyarakat luas, maka agar uang itu tidak hanya beredar di kalangan orang kaya saja. kebiasaannya kalau pria itu kaya ia akan menimbun uang yang berbentuk emas itu dan mengolahnya menjadi perhiasan dengan jumlah yang sangt kayak arena pria mampu bekerja menghasiljan uang. kalau hanya perempuan saja yang diperbolehkan maka pengolahan ke bentuk perhiasan hanya dalam jumlah terbatas saja. ini kondisi zaman pada saat itu.

Ada sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan kimia dalam zat logam yang berupa emas itu berbahaya bagi pria dan berpotensi mengakibatkan penyakit kulita bagi pria tapi tidak bagi wanita. hemat saya perhiasan emas itu diharamkan bagi pria itu karena perintah agama yang harus kita taati. adapun alasan logis yang diterangkannya adalah sebuah hikmah dari hukum tersebut. Wallahu A’lam.