​ Menteri Marwan Nginap di Rumah Penduduk di Sulawesi Selatan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​ Menteri Marwan Nginap di Rumah Penduduk di Sulawesi Selatan

Jumat, 07 November 2014 17:42 WIB

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar. foto; lensaindonesia.com


WAJO(BangsaOnline) Pemerintah mengelaborasikan kiat pemberdayaan masyarakat yang jitu melalui pendekatan peningkatan kualitas penyelenggaraan transmigrasi (focussing) dalam mendorong kebangkitan masyarakat serta permukimannya.

Hal itu harus dilakukan agar penempatan program transmigrasi dapat berkembang lebih cepat. Sehingga menjadi salah satu prioritas untuk membangun daerah dan mensejahterakan masyarakatnya.

Demikian disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar saat mengunjungi pemukiman transmigrasi Desa Bekkae, Wajo, Sulawesi Selatan, Jumat (7/11).

"Sehingga, eksis dan tegaknya mandiri sejalan dengan rentang waktu pembinaannya. Program tersebut, dapat tercapai karena sumberdaya alam dan sumberdaya manusia. Hal serupa juga diterapkan pada permukiman transmigrasi bina lainnya,” ujar Marwan.

Kunjungan Menteri Marwan Jafar ke Kabupaten Wajo dan Pangkep, Sulawesi Selatan, pada Jumat dan Sabtu (7-8/11) ini kali pertama di luar Pulau Jawa. Juga yang pertama ia menginap di rumah penduduk desa.

Marwan mengatakan, kedatangannya ke pemukiman transmigrasi Bekkae dan Wajo karena kawasan desa binaan kementeriannya. "Permukiman ini telah berkembang cukup pesat, mudah-mudahan ke depan dapat menjadi desa yang maju," ujar Marwan Jafar.

Permukiman Transmigrasi Bekkae SP 1 dan SP 2 merupakan Permukiman Transmigrasi Bina yang penempatannya dilaksanakan mulai tahun 2011, dengan total penempatan 453 KK / ± 1.879 jiwa dengan pola Tanaman Pangan.

Keberhasilan dan keberadaan Permukiman Transmigrasi Bekkae tidak terlepas dari peran masyarakat adat setempat yang secara sukarela menyerahkan lahannya dan turut berpartisipasi aktif dalam mendukung pembangunan dan pengembangan permukiman transmigrasi tersebut.

Langkah konkritnya, kata Menteri Marwan, pemukiman yang dibina dan belum berkembang agar melengkapi infrastruktur ekonomi dan sosial yang memadai, beri stimulan dan pendampingan serta tuntaskan masalah yang ada.

Kemudian, permukiman transmigrasi baru, agar terintegrasi dengan permukiman penduduk setempat, memperhatikan ketersediaan lahan tempat berusaha yang potensial. ”Tidak bermasalah dan berpotensi bermasalah,” ujarnya Menteri Desa,

Terhadap kawasan transmigrasi yang sudah ada dan belum berkembang, Marwan mengatakan, dapat dipercepat pengembangannya melalui model Kota Terpadu Mandiri (KTM) dalam rangka mewujudkan Kawasan Perkotaan Baru (KPB).

"Tujuannya untuk menciptakan sentra-sentra agribisnis dan agroindustri yang mampu menarik investasi swasta, sebagai penggerak perekonomian para transmigran dan penduduk sekitar menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru, sekaligus untuk membuka kesempatan kerja dan peluang usaha," tandasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Rmol.com

 

sumber : Rmol.com

 Tag:   marwan jafar

Berita Terkait

Bangsaonline Video