5 Kuliner Legendaris Khas Solo yang Tidak akan Mengecewakan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

5 Kuliner Legendaris Khas Solo yang Tidak akan Mengecewakan

Editor: Redaksi
Kamis, 22 Agustus 2019 13:22 WIB

Ilustrasi. foto: foto: limakaki.com

BANGSAONLINE.com - Punya rencana liburan ke , tapi belum punya referensi kuliner khas yang harus dicoba? Soal makanan memang agak tricky karena takut rasanya kurang cocok di lidah. Ingin mencoba berbagai kuliner hits, tapi belum pasti cita rasanya. Untuk menyiasati agar tidak kecewa, kamu bisa coba kuliner legendaris yang rasanya sudah teruji. Berikut rekomendasi kuliner legendaris khas yang tidak akan bikin kamu kecewa.

1. Timlo Sastro

Masih asing dengan makanan bernama timlo? Timlo adalah hidangan berkuah yang berisi kembang tahu, telur, atau daging dengan cita rasa gurih dan segar. Timlo sastro legendaris di terletak di belakang Pasar Gede, sekitar Kampung Balong. Makanan yang juga dikenal sebagai timlo balong ini sudah hadir sejak 1952 hingga saat ini diteruskan oleh anaknya. Warung Timlo Sastro sudah memiliki beberapa cabang dan buka sampai pukul 22.00 WIB.

Dari segi penampilannya, kuah timlo mirip seperti sup, bening dan tidak berwarna kuning seperti kuah soto. Namun, cita rasanya seperti gabungan sup dan soto dengan bumbu bawang putih, pala, lada, dan taburan bawang goreng. Untuk kuahnya terbuat dari kaldu ayam pekat yang dihidangkan dengan berbagai macam isian seperti ati ampela, semur telur bebek, potongan daging ayam, dan sosis solo. Kamu bisa mendapatkan hidangan lezat ini dengan kisaran harga Rp 10-20 ribuan saja.

2. Sate Kere Yu Rebi

Sate yang satu ini tidak terbuat dari daging, melainkan ampas sisa pembuatan tempe yang direndam dalam bumbu bacem. Olahan tersebut lalu dibakar dan disajikan bersama siraman sambal kacang. Warung sate Kere Yu Rebi sudah ada sejak 1986 dan bertempat di Jalan Kebangkitan Nasional. Saking legendarisnya, kuliner ini jadi langganan Presiden Jokowi saat masih menjabat sebagai Wali Kota .

Disebut sate kere karena di zaman dahulu, sate daging dianggap makanan mewah dan dinikmati kalangan atas. Nah, masyarakat yang kurang mampu atau ‘kere’ membuat versi tempe atau jeroan. Satu porsi sate kere harganya tentu lebih murah ketimbang sate daging ayam atau sapi, hanya Rp10 ribu untuk 10 tusuk, loh!

3. Selat Segar Mbak Lies

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Kuliner Solo

Berita Terkait

Bangsaonline Video