Seminar 120 Tahun Pesantren Tebuireng, Full Day School & Boarding School Terinspirasi Pesantren | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Seminar 120 Tahun Pesantren Tebuireng, Full Day School & Boarding School Terinspirasi Pesantren

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: .
Jumat, 23 Agustus 2019 17:54 WIB

Seminar Nasional bertema "Memadukan Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional" yang digelar Pesantren Tebuireng dalam rangka memperingati "120 Tahun Pesantren Tebuireng" di Gedung KHM Yusuf Hasyim Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Jumat (23/8/2019).

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Usia Pondok lebih tua dari usia Republik Indonesia (RI). telah banyak memberikan sumbangsih terhadap bangsa dan negara Indonesia, termasuk memerdekaan RI. Di antaranya yang didirikan Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari. Bahkan lahirnya lembaga pendidikan modern seperti full day school, boarding school, dan sebagainya justru terinspirasi dari sistem pendidikan pesantren.

Demikian pandangan yang mengemuka dalam Seminar Nasional bertema "Memadukan Islam dan Nasional" yang digelar dalam rangka memperingati "120 Tahun " di Gedung KHM Yusuf Hasyim Jombang, Jawa Timur, Jumat (23/8/2019).

KH. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, mengemukakan dulu ketika para tokoh menemui Ki Hajar Dewantoro, tokoh pendidikan nasional yang hari kelahirannya diperingati sebagai Hari Nasional, mengaku bahwa konsep pendidikan nasional yang dikembangkan justru mengambil dari sistem pendidikan pesantren.

"Ini semua saya ambil dari pesantren," kata Ki Hajar Dewantoro seperti dikutip Kiai Ahmad Hidayatullah Zarkasyi. Karena itu ia bersyukur menjadi orang pesantren. "Alhamdulillah kita berada pada tempat yang baik, benar, dan berjasa bagi bangsa," kata Ahmad Hidayatullah Zarkasyi.

Menurut dia, hampir semua tokoh nasional tak lepas dari pengaruh pesantren, termasuk Panglima Jenderal Soedirman. "Kalau Kiai Hasyim Asy'ari gak usah ditanya," katanya.

Dr. Ir. KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah), pengasuh juga mengungkapkan bahwa sistem pendidikan pesantren dinilai banyak pihak sebagai lembaga pendidikan terbaik. "Dulu Pak Sudjatmoko pernah bilang, kalau pesantren diatur dengan manajemen, maka pesantren akan menjadi lembaga pendidikan terbaik," kata Gus Sholah. Dr. Sodjatmoko adalah tokoh Indonesia yang pernah menjabat Rektor Universitas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video